‘Jiplak’ lagu Maroon 5, Isyana Sarasvati ngaku alami Cryptomnesia

Isyana-Sarasvati

Penyanyi pendatang baru Isyana Sarasvati dituding menjiplak lagu grup band Maroon 5 yakni “Payphone”. Lagu Isyana yang berjudul “Tetap Dalam Jiwa” yang kini sudah memiliki lebih 25 juta view di YouTube memang sudah sejak awal dituduh menjiplak. Namun, Isyana membantah bahwa dirinya menjiplak lagu orang lain. Namun baru-baru ini, Isyana mengakui bahwa memang ada kemiripan antara lagu “Tetap Dalam Jiwa” dan “Payphone”. Namun hal itu baru ia sadari dan tak dilakukannya dengan sengaja.

“Saya sudah buka kembali rekaman ketika workshop lagu itu dibuat, tidak ada satupun yang menyadari atau merasakan adanya ‘kemiripan’ dengan motif lagu ‘Payphone’,” terang Isyana melalui e-mail kepada Kompas.com, dikutip dari Wowkeren. “Bahkan saya baru sadar ketika ada beberapa kritik, komentar, dan pertanyaan di medsos.”

Baca:   Isyana Sarasvati pernah buat lagu hanya dalam waktu 5 menit

Namun, Isyana menyatakan bahwa mungkin saja ia terkontaminasi oleh “Payphone” ketika mencipta “Tetap Dalam Jiwa”. Dalam istilah psikologi, ketidaksadaran dalam membuat karya yang mirip karya lain yang sudah ada dinamakan cryptomnesia.

“Saya tidak akan menyangkal bahwa pasti dalam proses kreatif pembuatan komposisi lagu tersebut, ternyata tanpa sadar, saya bukan hanya terinspirasi tapi terkontaminasi oleh motif dari lagu ‘Payphone’,” paparnya. “Andaikan saya menyadarinya lebih awal, pasti dengan segera saya akan mengubah motif tersebut. Sampai lagu itu dirilis beberapa saat, anehnya saya dan semua yang terlibat tetap tidak menyadari, mungkin ini yang sering disebut sebagai cryptomnesia tetapi secara kolektif.”

Baca:   Nikita Mirzani sebut Samuel Rizal sebagai pria yang paling berharga

Lebih jauh dikemukakan Isyana, hal tersebut kerap kali terjadi bahkan pada sejumlah artis besar kelas dunia. Hal ini karena proses kreatif senantiasa berangkat dari karya-karya kreatif yang ada sebelumnya, sehingga kemiripan sering tak terelakkan.