Kasihan! Sudah Dihukum Mati 21 Tahun Lalu, Ternyata Pria Ini Tidak Terbukti Bersalah

Sudah 21 tahun lalu seorang terpidana mati dieksekusi mati. Namun, pada tahun 2014 silam ia justru dinyatakan tidak terbukti bersalah. Kisah memilukan itu baru tersiar dari Mahkamah Agung di Beijing, China. Terpidana yang bernama Nie Shubin berumur 20 tahun, dinyatakan sebagai tersangka kasus pemerkosaan dan juga pembunuhan pada tahun 1995. Ia pun dieksekusi mati.

Namun, di tahun 2014 lalu, muncul seorang lelaki yang mengaku sebagai pelaku dari semua aksi kejahatan tersebut. “Mahkamah Agung meyakini bahwa fakta-fakta yang digunakan dalam persidangan tidak jelas dan bukti-buktinya pun tak cukup,” demikian bunyi pernyataan MA China ketika menyampaikan klarifikasi di laman resmi media sosial mereka.

Baca:   Penampakan Paus Raksasa ini Bikin Heboh dan Picu Perdebatan, Ternyata...

Angka eksekusi mati di China memang sangat tinggi bahkan sampai melampaui batas di negara-negara lainnya didunia. Diketahui Nie dinyatakan bersama memperkosa dan membunuh seorang wanita yang jasadnya ditemukan tanpa busana oleh ayah korban di ladang jagung.

Saat persidangan tidak ada saksi terkait kasus tersebut. Bukti utama dalam perkara ini hanya pengakuan Nie Shubin yang dipadu dengan sejumlah barang bukti. Namun, ada keraguan terkait kebenaran kesaksian dan pengakuan bersalah yang dia sampaikan di pengadilan dulu.

Baca:   Bayi Ini Miliki 31 Jari, Tindakan Medis Ini Harus dilakukan...

Dan kini terbukti jika Nie tidak bersalah dan hanya dipaksa untuk mengakui perbuatan yang tidak ia lakukan sama sekali.