Keistimewaan batu akik Kebumen yang membuatnya diburu kolektor

batu-akik

Bagi penggila batu akik pasti sudah tidak asing dengan Kebumen. Ya, karena Kebumen merupakan salah satu daerah penghasil batuk akik berkualitas dan cukup terkenal di Indonesia. Tidak salah jika batu akik asal Kebumen menjadi buruan para kolektor untuk dikoleksi karena batu akik dari daerah ini punya keistimewaan tersendiri.

Salah satu tempat pengrajin batu akik di Kebumen yang ternama adalah Badar Besi, yang terletak di Pasar Rabu, Kebumen, Jawa Tengah. Sidarto, salah satu pengrajin di Badar Besi, mengungkapkan bahwa batu akik Kebumen memiliki keistimewaan yang berbeda dari batu akik dari daerah lainnya.

Baca:   Alasan kenapa batu akik tidak cocok dijadikan barang investasi

“Disini (Kebumen) varian batunya lebih banyak dari daerah lain, bahkan terlengkap se-Asia Tenggara. Dari kandungan mineralnya juga berbeda. Bahkan ada batu yang memiliki kandungan emas,” ujar Sidarto. Selanjutnya, ia juga mengungkapkan bahwa proses pencarian batu akik terbilang berbeda dari daerah lain, dikutip dari Kompas.com, Senin 21/9/2015.

“Kalau di Kebumen, batu akiknya masih dicari dengan cara tradisional, tidak dieksploitasi menggunakan mesin,” ujarnya. Sidarto juga berkata bahwa untuk melakukan pengumpulan batu akik di Kebumen, seseorang harus memiliki izin dari Perhutani. Untuk harga, batu akik Kebumen juga sangat variatif. Kisaran harga yang ditawarkan untuk batu akik jenis Jasper, Agat, dan Kalsedon dimulai dari harga Rp 50.000.

Baca:   Mengerikan, Ada Kekuatan Menakutkan Tersembunyi dibawah Permukaan Danau Toba?

Sementara batu akik yang terbilang paling tinggi adalah batu akik gambar, yang harganya ditentukan sendiri oleh motif gambar batu itu sendiri. Kian indah dan rumit motif batu tersebut, harga yang ditawarkan semakin tinggi, bahkan mencapai Rp 25 juta.