Kekuatan mistis batu jojol buat Jokowi dan Menterinya takjub

green-batu-jojol

Nama batu jojol mungkin masih terdengar asing di telinga kamu. Ya, batu jojol adalah jenis batu giok yang berasal dari Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Batu giok ini jadi fenomena karena mempunyai kekuatan mistis yang mampu mensugesti orang menjadi lebih kuat. Batu yang digunakan sebagai permata untuk cincin bahkan sempat menyita perhatian Presiden Jokowi dan para menterinya, termasuk juga Kapolri Badrodin Haiti.

Sulit dipercaya kalau sebuah batu mempunyai energi yang mampu mensugesti orang menjadi kuat. Tapi beberapa menteri Kabinet Kerja telah mencobanya. Mereka terheran-heran. Bahkan Presiden Jokowi pun tertawa menyaksikan aksi para menterinya itu. Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M Nasir menceritakan pengalamannya saat dalam kunjungan menghadiri acara Sal Tomini di Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Sabtu pekan lalu.

Menurut informasi warga setempat, batu berjenis giok itu mampu membuat siapapun yang memegangnya dapat mengangkat tubuh seseorang hanya dengan jarinya. Menteri Nasir bersama beberapa menteri pun tertarik untuk mencobanya. Dan terbukti, Menteri Nasir, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Menpora Imam Nahrawi, dan staf komunikasi preisden Ari Dwipayana dapat mengangkat tubuh Mendikbud Anies Baswedan yang sedang duduk dengan jari.

“Batu sojol itu dimasukkan ke dalam air. Sebelum kita masukkan tangan ke air kita coba angkat dulu, nggak keangkat (badan Anies), nggak kuat kita,” ujar Nasir bercerita dalam kunjungannya ke Kepulauan Seribu, dilansir dari Pojoksatu.id, Rabu (23/9/2015). Menteri Nasir dan beberapa menteri kemudian mencelupkan tangan mereka ke air rendaman batu Sojol yang diletakkan di baskom. Mereka pun lantas kembali mencoba mengangkat tubuh Anies.

“Lalu berempat cuci tangan itu kayak wijikan (cucian tangan) itu. Habis itu bisa ngangkat,” kata Nasir.

“Lho kok ringan ya? Itu bener, saya nyoba juga. Tadinya saya juga nggak tahu haha,” sambungnya.

Waktu para menterinya mencoba khasiat batu Sojol, Presiden Jokowi pun ikut menonton. Menurut Nasir, peristiwa itu sempat membuat geger, bahkan Presiden Jokowi pun ikut tertawa. “Beliau ada, ha ha ha. Pak Jokowi terus bilang pak menteri ristek yang berpengalaman lakukan penelitian, ini gimana. Barangkali masalah grafikasi atau apa ha ha ha,” tuturnya.

Keajaiban batu Sojol membuat penasaran para menteri dan jajaran pemerintah yang ikut datang ke acara tersebut. Menteri Anies sendiri takjub saat tubuhnya diangkat hanya dengan jari para menteri.

loading...