Kenapa Mr P dan puting susu berwarna gelap? Ini penjelasannya…

payudara-gelap

Para pria dan wanita, pernahkah Anda bertanya kenapa Mr P dan puting susu berwarna gelap? Menurut para ahli, warna Mr P dan juga puting susu berwarna gelap karena dipengaruhi oleh hormon seks yang menyebabkan pigmentasi pada masa pubertas. Jadi semua perubahan warna kulit itu hanya terjadi pada saat pubertas. Hormon seks yang ada dalam tubuh merangsang produksi melanin, asam amino yang bertanggung jawab atas rambut dan warna kulit.

Dr Lindsey Bordone, dermatolog di Columbia University Medical Center di New York, menjelaskan ketika masih gadis kecil, puting berwarna cerah. Namun, semakin besar hormon memengaruhinya sehingga puting menjadi gelap. Menurutnya, wanita saat pubertas mengalami peningkatan estrogen, sedangkan laki-laki mengalami bertambahnya testosteron. Dan pada wanita hamil, juga terjadi terjadi peningkatan hormon estrogen yang menyebabkan pigmentasi di kuit wajah atau membentuk garis hitam di perut.

Baca:   Cara Mengetahui Ukuran Penis Pria dari Panjang Jari Tangannya

Selain hormon, kulit gelap juga bisa disebabkan gesekan karena kulit secara alami menebal untuk melindungi diri. Alat kelamin gelap kebanyakan dialami atlet, karena area genital mereka mengalami gesekan konstan dari berjalan atau melompat. “Di sekitar sisi skrotum atau paha bagian dalam, kebanyakan pria akan memiliki penggelapan kulit jika mereka aktif,” kata Dr Bordone seperti dilansir Mailonline.

Genital yang gelap juga terjadi pada pria yang memakai pakaian ketat, mencukur alat kelamin mereka atau mengalami gatal atau infeksi yang menimbulkan gosokan dan garukan.

Baca:   12 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Pria, Mau Tahu?

Gelap sebagai tanda Diabetes atau Obesitas

Meskipun warna gelap itu alami, tapi bisa menjadi tanda ada masalah kesehatan seperti penyakit diabates dan obesitas. Ketika seseorang berat badannyaber tambah, ia bisa mengalami acanthosis nigricans. Ini merupakan kondisi kulit yang menyebabkan perubahan warna di selangkangan dan daerah lainnya, dikutip dari Liputan6.com. Selain itu, perubahan warna tertentu adalah indikasi dari peningkatan kadar insulin.

“Kulit Anda bisa menggelap di daerah tertentu ketika gula Anda sangat tinggi dan Anda mengembangkan diabetes,” katan Dr Bordone. Dr Bordone memperingatkan, apabila terjadi penggelapan warna kulit di leher atau ketiak itu bisa jadi tanda diabetes.