Keren! Mobil Anti Macet Asal China Mulai Test Jalan

mobil-anti-macet

China akhirnya melakukan pengetesan perdana megabus yang mampu mengangkut 1.200 penumpang sekali jalan. Bus ini punya kelebihan lain, dengan desain unik, yang membuat kendaraan lain bisa berlalu lalang di bagian bawahnya.

Bus ini melaju di atas rel khusus yang posisinya tidak menganggu kendaraan lain karena dibuat di luar jalur kendaraan biasa. Kendaraan ini merupakan bagian dari transit elevated bus (TEB) dan diklaim sudah menarik minat beberapa negara, seperti Brasil, Perancis, India, dan Indonesia.

Baca:   Jet Tempur Buatan Indonesia dan Korea Ini Bakal Jadi Saingan Terberat Jet Jet Canggih Amerika

Dilansir dari kompas.com, Jumat (5/8/2016), bus ini memiliki panjang 22 m, lebar 7,8 m, dan tinggi 4,8 m. Saat ini, untuk kali pertamanya, bus ini hanya baru bisa membawa 300 penumpang, tetapi ke depannya akan mampu mengangkut 1.200 orang.

Tes pertama ini dilakukan di Kota Qinhuang, yang tujuan utamanya untuk melakukan evaluasi sistem pengereman, kemampuan menarik, dan konsumsi daya (bertenaga listrik).

Baca:   Facebook, Whatsapp, Netflix dan Twitter terancam diblokir di Indonesia, ini tanggapan pakar

TEB ini masih cukup jauh untuk diimplementasikan di jalan-jalan sibuk Kota China. Namun, awal pengujian ini adalah langkah pertama yang menjanjikan, menuju apa yang mungkin menjadi masa depan transportasi umum.