Ketua DPD Irman Gusman Tertangkap KPK, Begini Kronologi dan Detik-Detik Pengkapannya

irman-gusman

Ketua DPD Irman Gusman terkena operasi tertangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Sabtu 17 September 2016 dini hari. Setelah OOT tersebut, KPK akhirnya menuturkan kronologi penangkapan tersebut. Selain Irman, KPK juga ikut menjaring dua pengusaha dan istri dari salah satu pengusaha di kediaman ketua DPD tersebut.

“Dalam OTT, KPK mengamankan 4 orang, yaitu saudara XSS, dirut CVSB, istri XSS, saudari MMI, saudara WS, dan Bapak IG,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo dalam keterangan resminya di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (17/9/2016).

Baca:   Punya Paspor Prancis, Gloria Gugur Jadi Petugas Paskibraka di Istana Pada 17 Agustus

Agus pun menuturkan detik demi detik penangkapan. Pada 16 September, sekitar 20.15 WIB, XSS, dirut CVSB, istri XSS, saudari MMI, saudara WS mendatangi kediaman Irman Gusman. Pada Sabtu 17 September 2016, pukul 00.30 WIB, ketiganya keluar dari kediaman Irman Gusman.

“Kemudian tim KPK menghampiri ke dalam mobil, dan di dalam rumah, penyidik KPK meminta Bapak IG menyerahkan bungkusan yang diduga pemberian dari saudara XSS,” beber Agus, sebagaimana dikutip dari liputan6.com. Sekitar pukul 01.00 WIB, Agus menjelaskan, penyidik KPK membawa XSS, MMI, WS dan IG ke KPK untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Baca:   Hafal Alquran, Ahok Pernah diminta Pindah Agama

“Dari OTT tersebut, KPK menyita uang sebesar Rp 100 juta,” tegas Agus. Agus mengatakan, pemberian uang tersebut terkait kuota gula impor yang diberikan Bulog kepada PT CVSB tahun 2016 untuk daerah Sumatera Barat (Sumbar).