Konsep Kota Masa Depan Berbentuk Ikan Pari Mengapung di Laut

konsep-kota-masa-depan

Pembahasan mengenai kota di masa depan memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Hingga sekarang, konsep mengenai kota masa depan yang modern, hemat energi dan juga berkelanjutan terus dikaji oleh para ahli dari berbagai negara dan juga bidang keahlian. Salah satunya adalah arsitek asal Prancis bernama Jacques Rougerie yang berusaha mengimplementasikan konsep tersebut.

Rougerie merancang sebuah kota berbentuk pari manta yang mengapung di lautan. Rancangan kota masa depan dari Rougerie tersebut diberi nama Merien yang berarti ‘yang memiliki laut’. Ide kota mengapung ini dibuat untuk menampung penduduk kota yang nantinya merupakan orang yang meneliti lautan.

Baca:   Demi iPhone 6, Pasangan Asal Jerman Rela Antre Satu Minggu di Australia

Menurut yang dilansir Ubergizmo, dikutip dari Liputan6.com, Rabu 5 Agustus 2015, Kota Merien akan berukuran 900 meter yang mampu menampung 7.000 peneliti dan siswa dengan ruang kelas, laboratorium, dan tempat tinggal untuk membantu mereka melakukan tugas. Ruang untuk olahraga dan bersantai juga ada di dalamnya. Kota Merien ke depannya akan bergantung sepenuhnya pada energi dari laut dan tidak memproduksi limbah.

Baca:   Mendapat Banyak Protes, Facebook Hapus Larangan Posting Foto Menyusui

Konsep Rougerie ini mungkin belum akan dapat dilakukan hingga 70 tahun ke depan. Namun, Rougerie berharap gagasannya ini dapat mendorong generasi muda melakukan kajian lebih lanjut, sehingga di kemudian hari konsep ini dapat menjadi kenyataan.