Kronologi Jatuhnya Pesawat Hercules C-130 di Medan

pesawat-hercules-TNI-jatuh

Kabar duka kembali menimpa pesawat Hercules TNI AU. Kali ini menimpa Hercules C-130 yang jatuh di dekat Badara Polonia Medan pada 30 Juni 2015. Pesawat tersebut jatuh dikawasan padat penduduk dan menimpa sebuah ruko dan juga rumah warga. Terkait dengan kecelakaan Hercules C-130, Komandan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Kolonel (Pnb) Khairil Lubis mengatakan pesawat Hercules C-130 yang jatuh di Medan, Sumatera Utara melakukan penerbangan rutin setiap bulannya untuk mengangkut logistik ke berbagai daerah.

Khairil menuturkan , pesawat semula terbang dari Pangkalan Udara Abdul Rachman Saleh, Malang. Kemudian bermalam di Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Setelah itu lanjut ke Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Pesawat kemudian berangkat menuju Medan pukul 08.00 WIB pada hari ini, 30 Juni 2015 sambil membawa 10 personel Paskas 462/Pulanggeni, Pekanbaru, dalam rangka pergantian prajurit operasi di satuan radar Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Baca:   Jasad Pilot AirAsia QZ 8501 Akhirnya ditemukan

Nahas, pesawat itu jatuh usai take off dari Pangkalan Udara Suwondo, Medan, menuju Tanjung Pinang. “Saya masih memonitor melalui televisi,” ujar Khairil saat dihubungi, dikutip dari Tempo.co, Selasa 30 Juni 2015. Pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara jatuh di Jalan Jamin Ginting Medan Sumatera Utara, hari ini sekitar pukul 12.00 WIB. Pesawat menimpa sebuah hotel dan bangunan sekitar. Proses evakuasi masih terus berlanjut dan hingga saat ini dikabrkan sudah 32 korban tewas, termasuk warga sipil.

Baca:   Hal Ini Yang Membuat Novel Baswedan Terus diincar

Sebanyak 10 personil Pasukan Khas (Paskas) 462/Pulanggeni, Pekanbaru, jadi korban dalam rombongan pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara yang jatuh. Komandan Batalyon Paskhas 462 Pulanggeni, Letkol Pasukan (Psk) Solihin membenarkan sepuluh personilnya turut menjadi korban dalam peristiwa tersebut. Namun tidak banyak informasi diperoleh dari Solihin. “Benar, ada 10 prajurit kami. Maaf nanti saja teleponnya, saya sedang menenangkan keluarga prajurit,” ujar Solihin.

Berikut nama-nama 10 personel Paskas yang menjadi korban:

1.Sertu Irianto Sili
2.Serda Sugianto
3.Koda Mujiman
4.Kopda Sarianto
5.Kopda Dani
6.Kopda Iriageng
7.Pratu Sepri Doni
8.Pratu Warsianto
9.Pratu Rudi Hariono
10.Pratu Hardianto Wibowo