Legenda sepak bola Johan Cruyff meninggal dunia

Foto-Johan-Cruyff

Dunia sepak bola kembali kehilangan salah satu pemain terbaiknya setelah Legenda sepak bola Belanda dan FC Barcelona, Johan Cruyff, meninggal dunia pada Kamis (24/3/2016). Pria kelahiran 25 April 1947 tersebut meninggal karena kanker paru-paru. “Pada 24 Maret 2016, Johan Cruyff (68) meninggal dengan tenang di Barcelona, dikelilingi oleh keluarganya setelah berjuang keras melawan kanker. Dengan sangat sedih, kami meminta Anda untuk menghormati privasi keluarga selama mereka dalam suasana duka,” demikian pernyataan dalam situsnya.

Cruyff mengawali karier profesionalnya bersama Ajax Amsterdam pada 1964-1973 sebelum pindah ke Barcelona pada 1973-1978. Setelah itu, pria yang membawa Belanda mencapai final Piala Dunia 1974 tersebut pindah ke Los Angeles Aztecs, Washington Diplomats, Levante, Ajax, dan Feyenoord. Semasa berkarier, Cruyff adalah pemain berprestasi. Pemain yang pernah membela sejumlah klub besar seperti Barcelona dan Ajax tersebut berhasil tiga kali memenangi gelar Ballon d’Or.

Baca:   Artis Cantik Irena Justine Pemain 'Centini' Meninggal Dunia

Dia juga pernah tiga kali berturut-turut memenangi European Cups bersama Ajax dan saat menjadi pelatih membawa Barcelona meraih European Cup pada 1992. Dia juga “memiliki” aksi fenomenal yang kemudian dikenal dengan sebutan “Cruyff Turn”. Trik melewati lawan yang terjadi saat melawan Swedia itu kemudian menyebar ke seluruh dunia. Atas segala prestasi tersebut, wajar jika dunia sepak bola terpukul. Berikut reaksi dunia sepak bola yang tersebar di media sosial:

 

loading...