Luar biasa! Obat baru ini mampu kecilkan tumor hanya dalam 11 hari

kanker payudara
Penyakit kanker masih menjadi momok yang sangat menakutkan bagi manusia saat ini. Berbagai macam cara untuk menemukan obat pun sudah dilakukan oleh para ahli di seluruh dunia. Namun, hingga kini belum ada obat yang berhasil ditemukan yang benar-benar bisa membasmi penyakit kanker secara tuntas. Namun, meskipun begitu, para ahli tidak putus asa untuk terus mencari ramuan obat-obat baru yang bisa ampuh untuk mengatasi penyakit kanker.

Yang terakhir adalah para peneliti sedang melakukan uji terhadap dua jenis obat kanker. Hasilnya, dua jenis obat itu berhasil mengecilkan tumor secara dramatis, bahkan menghilangkan kanker payudara dalam tempo 11 hari. Kemampuan menakjubkan obat tersebut diharapkan bisa meniadakan kemoterapi bagi wanita yang menderita kanker payudara.

Baca:   Galang Dana, Para Wanita Ini Rela Botak dan Juga Berpose Bugil

Obat tersebut adalah lapatinib dan trastuzumab, yang dikenal dengan herceptin. Kedua obat itu menargetkan HER2, protein yang menjadi bahan bakar pertumbuhan kanker payudara pada sebagian wanita. Penelitian tersebut dilakukan pada 257 wanita dengan menargetkan pada HER2 yang ditemukan pada 1 dari 10 kanker payudara. Ukuran kanker pada partisipan studi ini antara 1-3 cm.

Baca:   4 Rahasia orang-orang yang memiliki tubuh langsing

Herceptin bekerja pada permukaan sel kanker, sementara lapatinib mampu masuk ke dalam sel untuk melumpuhkan HER2. Peneliti merasa kaget dan tak menyangka dengan hasil dramatis obat ini. Apalagi, durasi mengecilnya tumor sangat cepat, yakni saat tumor didiagnosis dan operasi untuk mengangkatnya. Ketika dokter bedah akan melakukan operasi, ternyata sudah tidak ada tanda kanker pada beberapa pasien.

Dalam waktu kurang dari 2 minggu pemakaian obat, kanker hilang pada 11 persen kasus, dan sekitar 17 persen tumor mengecil dengan ukuran kurang dari 5 mm. “Kami sangat kaget dengan hasil penelitian ini karena waktunya sangat singkat,” kata Profesor Judith Bliss dari institut penelitian kanker di London, dilansir Health Kompas. Para ahli menyebutkan hasil penelitian ini merupakan langkah besar dalam perawatan kanker yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

Baca:   5 Cara Mengusir Rasa Cemas Dalam Diri

Saat ini terapi untuk pasien kanker dengan HER2 positif adalah operasi yang diikuti dengan kemoterapi dan pemberian obat herceptin.

loading...