Manor Racing Akhirnya Pecat Rio Haryanto

Rio-Haryanto

Harapan Rio Haryanto untuk terus berlaga di Formula 1 2016 berakhir sudah. Manor RacingĀ  baru saja memutus kontrak pembalap andalan Indonesia itu karena tidak bisa menyelesaikan kewajiban finansialnya.

Posisi pembalap utama Rio memang tengah terancam selama libur musim panas. Setelah mendapat kemudahan dan bisa tampil di Grand Prix Jerman, Rio dipastikan tak mendapat kesempatan yang sama di Grand Prix Belgia, 28 Agustus mendatang.

Seperti diberitakan GPUpdate, dikutip dari sindonews.com, Rabu (10/8/2016), Manor memecat Rio sebagai pembalap utama, akibat belum bisa melunasi biaya kursi balapnya sebesar 7,5 juta euro. Sebagai gantinya, tim asal Inggris akan menawarkan Rio jadi pembalap cadangan hingga akhir musim.

Baca:   Foto Lamborghini milik Paris Hotman Hutapea Setelah Mengalami Kecelakaan

“Rio telah jadi anggota yang bernilai sejak Januari, ketika kami merekrutnya musim ini,” ucap Direktur Manor Racing Dave Ryan.

“Beberapa waktu lalu, manajemennya mengindikasikan mereka kesulitan memenuhi kewajiban setelah Grand Prix Hungaria.

“Tim Rio sudah bekerja tanpa lelah coba menyelesaikan situasi dengan pendukungnya di Indonesia dan kami juga mendukung upaya-upayanya, termasuk memungkinkan Rio bisa balapan di Jerman,”

“Sayangnya, kami mencapai titik di mana dalam kepentingan terbaik untuk tim, kami terpaksa untuk mengeksplorasi pilihan lain di sisa musim.

Baca:   Venom GT, Mobil "Tercepat" Dunia Hanya Dijual Tiga Unit

“Kami akan sangat senang bisa melanjutkan dukungan kami dengan menenuhi ambisi Formula 1 Rio, dengan menawarkan dia peran pembalap cadangan untuk sisa musim ini. Kami sangat berharap bahwa ia akan menerima tawaran itu,” pungkasnya.

Rio merupakan pembalap Indonesia pertama di ajang Formula 1 2016. Dengan bantuan PERTAMINA, pembalap berusia 23 tahun bisa mengamankan kursi pembalap utama Manor awal tahun lalu.

12 seri balap sudah ia lakoni musim ini. Prestasi terbaiknya adalah finish di peringkat 15 di Grand Prix Monaco.