Marak di China, Rentenir Minta Foto Bugil Sebagai Jaminan Utang

Foto-bugil-mahasiswi

Warning, jangan tiru cara ini! Semakin berkembangnya teknologi membuat kehidupan manusia berubah dalam segala hal. Namun, perubahan yang dilakukan oleh rentenir di China ini tidak untuk Anda tiru. Selain karena merugikan, cara yang ditempuh pun ilegal alias melanggar hukum. Beijing Youth Daily melaporkan bila saat ini banyak rentenir China yang mengembangkan sistem jaminan aneh, yakni foto bugil nasabah.

Baca:   Heboh! Foto Bugil Jennifer Lawrence Terpampang di Wikipedia?

Penggunaan foto bugil sebagai jaminan utang bahkan diklaim marak dilakukan, oleh nasabah wanita sekalipun! Setiap nasabah yang rela memberikan foto bugil mereka sebagai jaminan bahkan bisa meminjam uang lebih banyak, hingga lima kali lipat ketimbang normal. Ironisnya, banyak peminjam ternyata perempuan yang masih bersekolah. Saat foto bugil itu dikirim, oleh si rentenir langsung dikirim ke beberapa orang lain tanpa sepengetahuan peminjam.

Baca:   Fenomena 'Bulan Darah' Tanda Dunia Akan Mengalami Hal Mengerikan

Kemudian rentenir tadi bisa mengancam akan menyebarluaskan foto bugil si peminjam di internet dan beberapa sosial media khusus peminjam uang di China. Hal ini dilakukan bila pinjaman dan bunganya yang rata-rata sampai 30 persen tidak segera dibayarkan. Akibatnya, banyak perempuan yang kembali meminjam uang untuk membayar hutang awal, begitu seterusnya seolah-olah tanpa akhir.

Baca:   Foto Wanita Pakai Celana dalam Saat 'Check In' di Bandara Jadi Viral

Jejaring sosial peminjaman uang China, Jiedaibao, juga mengendus perkembangan penggunaan foto bugil sebagai jaminan di platfomr mereka. “Pinjaman ‘bugil’ ini sejatinya mengambil keuntungan dari internet untuk melakukan bisnis offline ilegal,” ujar Jiedaibao, dilansir dari Merdeka.com, Senin (20/6/2016).

loading...