Melanggar hak cipta, Inul Daratista ditutut Rp 5 miliar

inul-daratista

Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Mungkin pepatah itu cocok dialamatkan kepada Inul Daratista. Bagaimana tidak, belum hilang dari ingatan mengenai salah satu tempat karaoke miliknya terbakar, kini ia harus menghadapi tuntutan sebesar Rp 5 miliar karena dianggap melanggar hak cipta. Tuntutan itu datang dari Papa T Bob bersama para pencipta lagu lainnya yang merasa lagunya sudah digandakan oleh Inul secara diam-diam.

Tuntutan itu disebabkan karena Inul Daratista dianggap tidak membayarkan Mechanical Rights atas penggandaan lagu di rumah karaokenya. Akibatnya, Papa T Bob segera membuat laporan dengan cara mendatangi Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (3/11/2015). Menurut Papa T Bob, kerugian yang diakibatkan oleh penggandaan itu mencapai Rp 5 miliar dan sudah berlangsung 10 tahun lamanya.

Baca:   Diberitakan Sudah Menikah dan Hamil, Umi Pipik Akhirnya Bicara Seperti Ini

“Kerugian yang dialami kurang lebih 10 tahun dari mereka berdiri karaoke itu. Kalau diakumulasi sekitar Rp5 miliar yang kami minta,” ujar Papa T Bob, Selasa (3/11/2015). Menurut pantauan Papa T Bob selama kurang lebih 4 bulan terakhir, ia mengaku cukup prihatin karena lagu-lagunya tersaji di tiga rumah karaoke yakni Nav, Happy Puppy dan Inul Vista.

Baca:   5 Artis Dalam Negeri Yang Sering Gonta-Ganti Pacar

“Saya lihat ke sana, ada lagu saya, Klepek-Klepek yang lagi hits tiba-tiba ada di sana. Dan lagu anak-anak juga banyak di sana,” papar pencipta lagu Klepek-Klepek ini. Nah, semoga dengan kejadian itu bisa menjadi pembelajaran bagi siapapun agar selalu berhati-hati dalam menggandakan atau menggunakan lagu orang lain.