Menakjubkan, Foto penampakan dua galaxy melebur jadi satu

galaxy

Apa yang akan terjadi jika ada dua galaxy saling bertabrakan atau bertumbukan? Sebagian besar atau bahkan semua dari kita akan beranggapan bahwa akan terjadi sebuah ledakan yang akan mengakibatkan kehancuran atau kerusakan. Tapi, tabrakan pada dua galaxy ini justru tidak mengakibatkan hal seperti yang kita pikirkan. Lalu, apa yang akan terjadi?

Baru-baru ini, European Space Agency (ESA) berhasil menangkap penampakan dua galaxy yang saling bertabrakan. Foto tersebut diabadikan lewat kamera Wide Field Planetary di teleskop Hubble. Menurut yang dilansir Gizmodo yang dikutip dari Liputan6.com, galaxy yang bernama ‘NGC 6052’ tersebut yang berada di jarak 230 juta tahun cahaya dari Bumi dan terletak di wilayah konstelasi Hercules.

Baca:   5 Hacker seksi dan cantik yang hebohkan dunia

Para pengamat menjelaskan NGC 6052 sebetulnya memiliki dua area galaxy yang berbeda. Oleh karena itu, keduanya perlahan ditarik oleh gravitasi yang berada di wilayah tersebut. “NGC 6052 memiliki dua ‘formasi’. Ketika keduanya melebur, maka lahirlah galaxy baru. Sebagaimana yang Anda lihat di gambar ini,” jelas ilmuwan ESA yang tidak disebutkan namanya.

“Kedua galaxy ini memang mendekat satu sama lain dalam kurun waktu yang tidak ditentukan. Barulah sekarang ‘bersatu’ dan menjadi struktur yang lebih besar.” lanjutnya. Dari foto yang dilihat, galaxy NGC 6052 tampak begitu indah dengan formasi spiral bercahaya. Menurut ilmuwan ESA tersebut, pada akhirnya galaxy NGC 6052 baru itu akan menemukan bentuk stabilnya. Waktunya sendiri ia tidak ketahui kapan.

Baca:   Stun Gan, Senter Canggih Pelindung Diri Bagi Wanita

“Akan ada waktunya galaxy tersebut menemukan formasi tetapnya. Yang jelas NGC 6052 ini tak lagi merupakan dua formasi galaxy berbeda yang seperti kami teliti sebelumnya,” tutupnya.