Meski tampil luar biasa, Rossi hanya ngekor dibelakang Lorenzo

Moto-GP-2015

Musim balap MotoGP 2015 sudah berakhir dan sudah dipastikan Lorenzo yang jadi juaranya. Pertarungan sengit yang terjadi di Sirkuit Ricardo Tormo dalam GP Valencia, Minggu (8/11/2015) memang cukup berat bagi seorang Rossi karena harus start dari posisi 26. Meskipun begitu, Rossi tetap mampu finish di posisi 4 lomba dibelakang Pedrosa.

Sementara itu, Lorenzo memastikan diri jadi juara setelah menjadi yang tercepat dalam lomba tersebut. Selisih poin antara Lorenzo dan Rossi dalam klasemen umum adalah 5 poin. Sebenarnya Rossi memiliki peluang untuk jadi juara jika saja Marquez berhasil mendahului Lorenzo, namun sepertinya pembalap Honda itu tidak terlalu bernafsu.

Dengan tambahan 25 poin, Lorenzo mengungguli Rossi dalam perolehan poin sekaligus klasemen akhir dengan koleksi 330 poin. Sementara itu, Rossi yang mengoleksi 312 poin mengakhiri musim ini dengan torehan total 325 poin. Pebalap asal Italia itu harus puas menutup musim dengan posisi runner-up.

Baca:   Kecepatan Motor Rossi Bikin Lorenzo Geleng-Geleng Kepala

Jalannya Balapan

Lorenzo langsung melesat begitu lampu hijau menyala tanda balapan dimulai. Begitu juga Rossi, pebalap yang memulai balapan di posisi buncit (posisi ke-26) ini langsung tampil perkasa dengan menyalip pebalap-pebalap di depannya. Bahkan, ketika balapan masih tersisa 23 lap lagi, Rossi sudah berada di posisi ketujuh.

Pebalap Ducati, Andrea Iannone, harus terempas di lap-lap awal. Lorenzo tanpa kesulitan berada di depan, dan “dikawal” dua pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez dan Daniel Pedrosa. Rossi bertarung fantastis dengan merebut posisi empat besar seusai melibas Andrea Dovizioso saat balapan masih tersisa 18 lap.

Namun, posisi tiga besar yang dikuasai trio Spanyol berjarak enam detik dengan The Doctor. Lorenzo tetap di depan, posisi dua Marquez, dan di tempat ketiga ada Pedrosa. Memasuki 10 lap terakhir, balapan seolah berjalan tanpa ketegangan. Lorenzo masih nyaman di posisi terdepan, jauh meninggalkan Rossi.

Baca:   Rossi akan start dari urutan terakhir MotoGP 2015 di Valencia

Beban The Doctor memang berat karena di depannya masih ada Pedrosa dan Marquez yang harus dilewati. Masalahnya, trio Spanyol ini sudah jauh membentuk grup sendiri di depan dengan selisih mencapai 14 detik meninggalkan Rossi. Memasuki akhir balapan, Pedrosa sempat memberikan tekanan kepada Marquez untuk memperebutkan posisi kedua.

Lorenzo terus memacu motornya hingga akhirnya mampu finis sebagai yang tercepat, dan memastikan diri merebut gelar juara dunia ketiga sepanjang kariernya dalam MotoGP. Sebelumnya, Lorenzo menjadi raja MotoGP pada musim 2010 dan 2012. Selamat untuk Lorenzo atas juara musim 2015 ini.