Messi dan Neymar Kembali, Barca Gilas Roma 3-0

barcelona

Setelah selalu kalah dalam tur pramusim, Barcelona akhirnya bisa menang dengan skor 3-0 atas AS Roma dalam ajang Joan Gamper Trophy. Gol masing-masing Barcelona dicetak oleh Lionel Messi, Neymar dan juga Ivan Rakitic. Dalam pertandingan yang berlangsung di Camp Nou, Kamis 6 Agustus 2015 dini hari WIB, kedua bintang mereka, Messi dan juga Neymar yang sebelumnya selalu absen akhirnya bisa kembali bermain.

Keduanya turun sebagai starter mendampingi Luis Suarez. Di belakang Marc-Andre ter Stegen dikawal Jeremy Mathieu, Thomas Vermaelen, Marc Bartra, dan Dani Alves. Sementara tiga pemain mengisi lini tengah yakni Javier Mascherano, Rafinha, dan Ivan Rakitic. Sementara Roma memasang Wojciech Szczesny di bawah mistar di belakang Alessandro Florenzi, Mapou Yanga-Mbiwa, Leandro Castan, dan Vasilis Torosidis. Di tengah, Seydou Keita, Radja Nainggolan, dan Miralem Pjanic mendukung trio Falque, Destro, dan Gervinho.

Barca langsung menggebrak di awal-awal laga. Sepakan Messi di menit ke-3 ditangkap Szczesny. Hanya semenit berselang, giliran Neymar mendapatkan peluang. Sundulannya menyambut umpan Alves melebar meski tak terkawal. Di menit ke-6, sepakan Messi ditepis kiper. Bola pantulan disambut Rafinha namun diblok bek. Roma balas menekan di menit ke-15. Sepakan Nainggolan dari luar kotak penalti tipis saja di kiri gawang.

Baca:   Gara-Gara Messi Divonis Kurungan 21 Bulan, Barcelona Semprot Pemerintah Spanyol

Barca merespons lewat tendangan keras Rakitic yang ditepis dengan gemilang oleh Szczesny. Barca kembali membuang peluang apik di menit ke-18 kala sepakan voli Rafinha dari jarak dekat melambung. Di menit ke-26, mereka memetik keunggulan. Dari tengah, Messi mengirimkan umpan terukur ke Mathieu di sisi kiri di dalam kotak penalti. Mathieu meneruskannya ke Neymar di depan gawang.

Dengan satu sentuhan penyerang asal Brasil itu melewati Szczesny yang menerjang dan menceploskan bola ke dalam gawang. Barca terus mendominasi permainan. Sementara Roma beberapa kali membangun serangan balik lewat Gervinho dan Iago Falque, namun kerap terbaca. Barca menambah gol di menit ke-41. Suarez menusuk di sisi kanan, lalu mengoper ke Alves dan diteruskan ke Rafinha.

Melihat ruang tembaknya tertutup, Rafinha menyodorkan bola ke Messi di depan kotak penalti dan langsung disambut sepakan yang menghujam ke sisi kanan gawang. Dominasi Barca masih berlanjut di babak kedua. Pada menit ke-51, sepakan Jordi Alba dari sisi kiri melebar ke kanan. Gol kemudian tercipta di menit ke-66 lewat sepakan spektakuler Rakitic dari jarak jauh, yang melesat ke pojok kiri atas.

Baca:   Jornada 26, Barcelona memang 2-1 atas Sevilla

Roma mendapatkan peluang apik di menit ke-74. Skema serangan dari sisi kanan berujung pada terbebasnya Maicon dari pengawalan dan mengirim umpan silang mendatar. Bola disambar Daniele De Rossi tapi cuma tipis di sisi kanan gawang. Giliran Barca kembali menekan empat menit berikutnya. Pedro mendapatkan bola di sisi kiri dan menggiringnya memasuki kotak penalti. Setelah melakukan gerakan memotong ke tengah, Pedro melepaskan sepakan yang ditepis dengan baik oleh De Sanctis.

Gantian Rakitic yang memberikan tes untuk De Sanctis. Sepakan kerasnya dari luar kotak penalti dihalau oleh kiper 38 tahun itu. Tak ada lagi gol tercipta di sisa waktu, Barca pun menang. Hasil ini memutus rangkaian tiga kekalahan beruntun sepanjang pramusim. Seperti diketahui, setelah menang atas LA Galaxy, Barca menelan tiga kekalahan masing-masing dari Manchester United, Chelsea (adu penalti), dan Fiorentina.

Sebelum Liga Spanyol resmi dimulai, Barcelona akan menghadapi Sevilla dalam ajang Piala Super Eropa. Roma sendiri akan menghadapi Valencia dan Sevilla sebelum Liga Serie A bergulir.