Miliki status Permanent Residence di Australia, Jessica bisa bebas?

jessica-kumala-wongso

Jessica Kumala Wongso yang kini berstatus sebagai tersangka kasus tewasnya Wayan Mirna memiliki status sebagai penduduk tetap di Australia. Buktinya, selama ia di Australia, Jessica pernah bekerja di perusahaan pemerintah, New South Wales (NSW) Ambulance. Menurut berita yang dilansir oleh situs berita News.com.au, Jessica dan orangtuanya memiliki status (PR) permanent residence.

Sementara itu, dua kakak Jessica sudah berstatus sebagai warga negara Australia. Jessica sekeluarga mendapatkan status PR sejak pindah dari Indonesia ke Sydney dan memiliki rumah di Sydney, ibu kota New South Wales (NSW). Informasi bahwa Jessica pernah bekerja di NSW Ambulance, tercetus dari ayah Mirna, Edi Dharmawan Salihin. “Katanya kerja di ambulance, kok diam saja melihat Mirna (kejang-kejang) seperti itu,” kata Dharmawan beberapa waktu lalu.

Baca:   Polisi paksa Jessica mengaku membunuh Mirna?

News.com.au mengamini bahwa Jessica pernah bekerja di NSW Ambulance sebagai staf administrasi sejak Juli 2014 hingga mengundurkan diri pada November 2015. “Jessica Wongso benar pernah bekerja di NSW Ambulance dengan status temporer outsoursing sebagai posisi admin,” tulis pernyataan NSW Ambulance, dilansir Rimanews. Lantas apa saja keuntungan status permanent residence Australia?

Sebagai penduduk tetap, tentu saja penyandang status PR akan diberikan visa permanen. Ini memberikan hak mereka untuk hidup di Australia tanpa batas dan dapat menikmati fasilitas perjalanan tak terbatas ke dan dari Australia. Manfaat lainnya dari aspek izin kerja. Pemilik status PR dapat bekerja untuk perusahaan manapun dalam pekerjaan apa pun. Namun, untuk bekerja di Pelayanan Publik atau Angkatan bersenjata dibatasi secara ketat dan terbatas pada Warga Australia.

Baca:   Ahmad Dhani: Jika KPK Tidak Tetapkan Ahok Sebagai Tersangka, Mustahil Kalah di Pilgub 2017

Keuntungan berikutnya ialah pengajuan kependudukan permanen di australia. Dalam pendidikan, pemilik status PR dapat menikmati kebebasan tanpa batas untuk mengejar dan meraih program studi. Pemilik status PR juga memiliki hak jaminan sosial. Namun, penduduk tetap harus bertahan untuk jangka waktu dua tahun sebelum mereka berhak menerima manfaat jaminan sosial seperti tunjangan sakit, pengangguran dan tunjangan mahasiswa yang ditawarkan oleh Departemen Keamanan Sosial Australia.

Baca:   Cerita Dibalik Masa Lalu Awan, Tersangka Sodomi Bocah di JIS

Keuntungan penduduk tetap Australia lain, akan menikmati hak perawatan kesehatan dengan hak istimewa skema jaminan kesehatan yang dijalankan oleh pemerintah yang disebut Medicare. Di bawah Medicare, si pemilik PR bisa menerima pengobatan gratis di rumah sakit umum dan obat-obatan bersubsidi. Karena bermacam keuntungan itulah, ayah Mirna khawatir Jessica kabur ke Australia untuk menyelematkan dari jerat hukum.

“Dia itu PR (permanent residence). Jadi dia hampir jadi warga negara Australia,” kata Dharmawan, Jumat (5/2/2016) lalu. “Ya kan karena di Australia tidak ada hukuman mati,” tegas dia.

loading...