Miris! Di Tempat Ini Halal Berhubungan Seks dengan Gadis di Bawah Umur Atau Menikahinya

gadis dibawah umur

Sebuah undang-undang yang mengizinkan berhubungan seks dengan perempuan dibawah 15 tahun baru saja dikukuhkan oleh pengandilan di India. Sesuai hukum di India, seseorang diizinkan berhubungan seksual adalah 18 tahun. Khusus untuk perempuan usia minimal pernikahan adalah 15 tahun.

Kementerian Dalam Negeri India mengatakan tak masuk akal untuk mengubah undang-undang karena kenyataan sosial di negeri itu. India adalah negara dengan jumlah pengantin anak terbesar di dunia. Sekitar separuh dari anak-anak perempuan India menikah sebelum berusia 18 tahun.

Girls Not Brides, sebuah organisasi yang memayungi 600 lembaga kemasyarakatan, mengatakan, di masa lalu sangat jarang gadis India menikah sebelum usia 15 tahun. Namin, kini jumlah pernikahan di antara usia 15-18 tahun semakin bertambah. Kritikus mengatakan, undang-undang baru ini mendorong pernikahan di bawah 18 tahun.

Baca:   Miris Banget! Insiden Pelecehan Seksual Massal Malam Tahun Baru Gegerkan India

Namun, pemerintah mengatakan kepada pengadilan tinggi bahwa tidak praktis untuk mengubah undang-undang di saat masih terjadi 23 juta pernikahan anak di India. Pemerintah India menilai, pencabutan pengecualian dalam undang-undang ini bisa memicu sebuah ketegangan sosial.

“Sudah diputuskan untuk mempertahankan usia 15 tahun dalam eksepsi 2 ayat 375 demi melindungi suami istri terhadap kriminalisasi hubungan seks di antara mereka,” demikian Kementerian Dalam Negeri India, dikutip tribunnews.com. Aturan yang mengizinkan hubungan seks dengan gadis berusia 15 tahun diterbitkan pada 1949 dan belum pernah diamandemen selama 67 tahun.

Baca:   Ketahuan Berhubungan Seks Dengan Siswinya, Guru dikeroyok Belasan Orang Tua

Pemerintah pernah melakukan amandemen undang-undang ini pada 2013 untuk mengubah batasan usia yang diizinkan untuk melakukan hubungan seks di luar nikah dari 16 menjadi 18 tahun. Namun, amandemen itu tidak mengubah usia minimal pernikahan bagi perempuan yang tetap pada angka 15 tahun.

Saat ini upaya untuk mencabut ayat tersebut dari undang-undang tengah dilakukan hingga ke Mahkamah Agung India. Namun, banyak kalangan berpendapat meski undang-undang berubah tetap akan sulit untuk menerapkannya di negeri seluas dan sekompleks India.

Baca:   Dipaksa Main Film Porno, Artis India Ini Bunuh Suaminya

Meski sebagian besar pengantin anak di India berusia 15 tahun atau lebih tua tetapi masih ada sekitar 12 juta remaja perempuan di bawah usia 10 tahun yang sudah menikah. India saat ini merupakan anggota dari inisiatif Asia Selatan mengakhiri kekerasan terhadap anak-anak dan sudah bergabung dalam rencana aksi untuk mengurangi pernikahan anak pada 2018.

loading...