Mourinho Sebut Timnas Indonesia Tidak Punya Potensi Spesial

Jose-Mourinho

Setelah bebas dari sanksi FIFA, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi melontarkan pernyataan mendatangkan Jose Mourinho sebagai pelatih Timnas Indonesia. Namun, sebelumnya, ternyata Mourinho pernah menyebut Indonesia tak memiliki talenta spesial. Ketika masih menangani Chelsea dan menjalani tur ke Indonesia pada Juli 2013, Mourinho berkomentar tentang kualitas pemain-pemain Indonesia.

Dalam laga eksebisi, Chelsea menghajar pemain-pemain bintang Indonesia dengan skor 8-1 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, (25/7/2013). Kala itu, pelatih asal Portugal itu dengan lugas mengatakan, pemain-pemain Indonesia belum berpengalaman. Malah, Mourinho menyarankan agar para pemain Indonesia harus tampil lebih semangat. “Jika Indonesia tidak punya potensi spesial, maka bermain lah dengan penuh kegairahan yang besar dan kebanggaan,” kata Mourinho selepas laga Chelsea vs Timnas Indonesia saat itu di GBK (25/7/2013).

Setelah pertandingan eksebisi di GBK itu, Indonesia malah disindir oleh media-media Inggris seperti Daily Mail dan Mirror. Malah laga Chelsea melawan deretan pemain-pemain bintang Indonesia kala itu dianggap tidak berguna bagi John Terry dan kawan-kawan. Menurut Mirror, manajer Chelsea Jose Mourinho tidak mendapatkan pelajaran apa pun dalam laga uji coba tersebut. Mirror bahkan menyebut para pemain Indonesia kalah menyedihkannya ketimbang nyamuk.

“Lawan yang menyedihkan tidak membuat permainan menarik. Bahkan, sebenarnya para pemain Chelsea lebih kesulitan menghadapi nyamuk ketimbang para pemain Indonesia All-Star,” tulis Mirror. Sementara itu, media Inggris lainnya, Daily Mail, turut menyindir performa Indonesia pada laga tersebut. Lewat judulnya, mereka menulis: ‘Chelsea 8 Indonesia All-Star 1: Or should that be NO-Stars?’ (Atau sebenarnya tidak ada bintang sama sekali?)

loading...