Nyontek Massal Masuk Jurusan Kedokteran Gunakan Gadget Canggih

nyontek-massal-di-india

Tren nyontek semakin canggih saja, ya! Beberapa waktu lalu di India ramai dengan nyontek massal dengan bantuan para orang tua. Kini India kembali heboh dengan kasus yang sama, yaitu menyontek. Namun, yang berbeda adalah menyontek massal kali ini menggunakan gadget canggih yang disematkan dalam baju dalam khusus.

Para murid sekolah di India yang mengambil ujian masuk jurusan kedokteran dan kedokteran gigi nasional, misalnya, mengandalkan pernik gadget canggih yang disematkan ke baju dalam khusus. Setidaknya 700 orang murid ketahuan memakai baju dalam untuk keperluan curang ini ketika ujian yang bersangkutan digelar pada Mei lalu.

Baca:   Kampus Ini Wajibkan Mahasiswi dan Mahasiswa Bugil Saat Ujian

Akibatnya, sebagaimana diberitakan BBC dan dikutip dari Nextren, Mahkaman Agung India pun memerintahkan agar ujian tersebut diulang. Padahal, jumlah peserta yang mengikuti ujian bernama All India Pre-Medical and Pre-Dental Entrance Test (AIPMT) mencapai 630.000 orang.

Gadget di baju dalam itu sendiri berupa radio seluler kecil yang dipasangkan dengan mikrofon dan earplug Bluetooth tersembunyi. Murid yang berniat menyontek tinggal membisikkan pertanyaan ujian ke mikrofon. Kaki tangan di luar ruang ujian akan menerima pertanyaan tersebut, lalu mencarikan jawaban dan meneruskannya ke peserta ujian lewat earplug Bluetooth.

loading...