Oh! Ternyata Ini Penyebab Kenapa Menstruasi Berlangsung Lama

menstruasi

Wanita umumnya kedatangan tamu bulanan (menstruasi) sebulan sekali dan berlangsung sekitar tiga sampai lima hari. Lamanya periode juga bervariasi untuk setiap wanita. Tapi, bagaimana jika menstruasi berlangsung begitu lama? Anda tentu berpikir apakah ada yang salah dan apa penyebabnya.

Menurut ahli kandungan Sherry Ross, MD, wanita jangan terlalu kaku berpedoman pada waktu tiga sampai lima hari. Tapi, wanita juga perlu memeriksakan apabila menstruasi berlangsung lebih dari seminggu selama lebih dari tiga bulan berturut-turut.

Berikut beberapa alasan yang membuat menstruasi Anda lebih lama dari biasanya dan apa yang harus dilakukan seperti dilansir liputan6.com, Sabtu (13/8/2016):

Baca:   6 Hal Ini Jangan Pernah Anda Gunakan Untuk Vagina, Anda Mau Tahu?

1. Hormon tidak teratur
Ross mengatakan, Polikistik ovarium sindrom (PCOS), tiroid kurang aktif, atau terlalu aktif, dan gangguan lain yang mengacaukan kadar hormon seks Anda bisa menyebabkan menstruasi yang lama, banyak, atau tidak teratur. Apabila menstruasi tidak normal atau berubah secara signifikan, Anda mungkin perlu menemui endokrinologi untuk menguji kondisi ini.

2. Konsumsi obat
Obat-obat tertentu, seperti obat tiroid, steroid, dan antipsikotik, juga bisa mengganggu kadar hormon. Apabila Anda mengonsumsi salah satu obat-obatan tersebut, pastikan Anda melakukannya dengan benar, dan bicarakan dengan dokter Anda tentang alternatif jika masalah terus berlanjut.

Baca:   7 Penyebab utama BAB tidak lancar, Anda wajib tahu

3. Berat badan berubah
Apabila waktu haid Anda lebih lama dari biasanya dan Anda baru saja bertambah berat badan, ini bisa menjadi indikasi bahwa berat badan Anda berlebihan. Peningkatan lemak tubuh menyebabkan kadar estrogen yang lebih tinggi, yang dapat membuat haid lebih lama dan lebih banyak.

4. Super stres
Stres bisa memengaruhi siklus menstruasi. Kadang-kadang bisa menyebabkan haid Anda berhenti sama sekali. Tapi di sisi lain juga bisa membuat haid lebih lama, lebih banyak, atau menstruasi lagi di tengah siklus.

Apabila Anda mengalami perubahan dalam menstruasi setelah putus cinta, meninggalnya orang yang dicintai, atau peristiwa stres lain, berbicaralah dengan seorang profesional kesehatan mental.

Baca:   Bahaya Krim Pembesar Payudara (Buah Dada)

5. Terekspos estrogen lingkungan
“Menstruasi yang lama biasanya terjadi karena dominasi estrogen melebihi progesteron di dalam tubuh,” kata dokter Lorraine Maita, MD. Tapi estrogen di luar tubuh Anda, seperti yang ditemukan dalam plastik, pestisida, dan daging dapat menambah hormon, sehingga memiliki efek yang sama.

Untuk melindungi diri dari efek estrogen lingkungan, diet makanan tinggi serat dapat mencegah diserapnya kelebihan estrogen, dan jauhi penggunaan pestisida, bebas daging, dan susu bila memungkinkan.

loading...