PDI-P siapkan 4 nama bakal calon gubernur DKI 2017, tidak termasuk Ahok?

PDI-Perjuangan

Pilgub DKI masih 1 tahun lagi, namun sejumlah partai sudah ancang-ancang dengan menyiapkan calon gubernur yang dianggap bisa menandingi Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Salah satu partai yang kini sedang sibuk menyiapkan calon gubernur DKI 2017 adalah PDI-Perjuangan. Djarot Saiful Hidayat, Tri Rismaharini, Boy Sadikin, dan Ganjar Pranowo masuk dalam daftar bakal calon gubernur DKI Jakarta dari PDI-P.

PDI Perjuangan akan menggodok keempat nama itu pada April mendatang. Keempat nama tersebut merupakan kader PDI Perjuangan. Djarot saat ini menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta, Risma adalah Wali Kota Surabaya, Boy duduk sebagai anggota DPRD DKI, dan Ganjar Gubernur Jawa Tengah 2013-2017. “Semua (nama) akan digodok. Sekarang kami sedang melihat, rapat kerja dulu. Nanti dari situ akan terlihat,” kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, dilansir Metrotvnews.com,Rabu (2/3/2016).

Baca:   4 Politikus Ini Lakukan Foto Telanjang Demi Dapat Dukungan Rakyat

Prasetyo mengatakan, PDI Perjuangan juga akan membuka ruang untuk mengusung calon gubernur dari luar kandang banteng. Artinya, Basuki Tjahaja Purnama tetap berpeluang mendapat dukungan dari PDI Perjuangan. Menurut pria yang saat ini menjabat Ketua DPRD DKI Jakarta itu, PDI Perjuangan belum membicarakan sosok dari luar PDI Perjuangan yang akan diusung menjadi calon gubernur. “Kami beresin internal dulu,” kata Prasetyo.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan Risma tak bersedia ikut Pilkada DKI pada 2017. Menurut Hasto, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sudah menawarkan peluang itu ke Risma. Namun, perempuan kelahiran Kediri 20 November 1961 itu mengaku ingin merealisasikan janji kampanye kepada masyarakat Surabaya terlebih dahulu.

Baca:   Siswi SMA PGRI 4: Terimakasih Pak Djarot, Tolong Sampaikan Kepada Pak Ahok, Terimakasih Atas Program KJP

Partai politik mulai sibuk menjaring bakal calon gubernur. Partai Gerindra sudah menjaring bakal calon gubernur sebulan terakhir. Nama-nama yang dilirik Gerindra seperti Sandiaga Uno, Boy Sadikin, Sanusi, Ahmad Muzani, Biem Benyamin, Sjafrie Sjamsoeddin, dan Saefullah. Ridwan Kamil juga sempat diincar Gerindra, namun sudah memastikan tidak ikut Pilkada DKI 2017. Partai NasDem sudah lebih tegas dibandingkan dua partai itu.

Partai yang dipimpin Surya Paloh ini tegas menyatakan mendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai bakal calon gubernur. NasDem juga mengajak partai lain mendukung Ahok tanpa syarat.