Peringatan! Jangan Minum Jahe Saat Kondisi Seperti Ini, Sangat Berbahaya

mangaat-jahe

Jahe diketahui punya segudang manfaat bagi tubuh, terutama untuk menghangatkan tubuh saat kondisi cuaca sedang musim hujan atau berada di daerah dingin. Namun, jahe juga punya efek samping jika dikonsumsi dalam kondisi tertentu. Oleh karena itu. Anda tidak boleh melakukan keselahan yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Apabila jahe dikombinasikan dengan beta-blocker, antikoagulan serta obat-obatan yang terbuat dari insulin dapa menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Oleh karena itu, pengobatan menggunakan bahan alami jahe tidak disarankan bagi semua orang. Untuk itu, jika Anda salah satu dari golongan orang-orang ini, sebaiknya hindari jahe sebisa mungkin. Inilah golongan orang itu!

Beberapa kondisi yang tidak boleh mengkonsumsi jahe:

Wanita yang sedang hamil
Jahe adalah stimulan yang kuat sehingga, tidak baik untuk ibu hamil. Efek samping jahe yang dikhawatirkan pada ibu hami adalah bisa menyebabkan persalinan prematur. Perempuan hamil mesti bisa menghindari jahe, khususnya saat trimester terakhir masa kehamilan. Pilih minuman lain seperti teh untuk menghangatkan tubuhmu.

Dia yang ingin menambah bobot tubuh
Jika Anda sedang ingin menambah berat badan, jangan mengkonsumsi jahe. Efek samping jahe untuk hal ini adalah jahe akan membuatmu kenyang dalam waktu yang lama serta merangsang pembakaran lemak.

Itulah mengapa jahe sering dijadikan minuman favorit bagi orang yang sedang diet atau menurunkan berat badan. Saat sedang program menggemukkan badan lebih baik melakukan olahraga agar merangsang rasa lapar dan meningkatkan nafsu makanmu.

Penderita kelainan darah
Bahan alami ini mampu meningkatkan peredaran darah yang umumnya menguntungkan orang yang sehat. Apabila jahe dikonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan terjadi pendarahan internal. Maka, amat tidak baik bagi penderita kelainan darah. Seseorang yang mengalami hemofilia atau penyakit kelainan darah, jahe bisa menjadi ancaman yang serius. Kalau Anda sudah mengetahui tentang kondisi ini usahakan untuk menghindari minum jahe.

Dikonsumsi bersama dengan obat-obatan tertentu
Jahe tidak disarankan untuk seseorang yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah dan obat diabetes. Sebab, efek samping jahe bertentangan dengan obat antikoagulan dan obat-obatan yang mengandung insulin. Selain itu, jahe juga tidak baik dikombinasikan dengan golongan obat anti-inflamasi nonsteroid.

Bahan alami ini dapat menghambat efek obat untuk penyakitmu itu dan mungkin menyebabkan masalah lain. Ketika Anda ke dokter, konsultasikan apa yang boleh Anda konsumsi dan tidak, agar tidak terjadi komplikasi yang serius.

Manfaat jahe

Tak hanya mengetahui efek samping jahe saja, tapi ketahui pula manfaat jahe bagi kesehatan tubuh. Adapun beberapa manfaat jahe yang bisa Anda petik saat Anda mengkonsumsinya dalam keadaan tubuh sehat adalah :

1. Mengatasi sakit rematik atau nyeri otot dan tulang

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap stabil

3. Mampu menghilangkan migrain, batuk dan mual

4. Mengatasi masalah pencernaan

5. Membuat sistem peredaran darah menjadi lancar

6. Menurunkan jumlah gula darah dan kolesterol tinggi

7. Menurunkan berat badan

8. Membantu proses metabolisme dalam tubuh.

Itulah efek samping jahe yang bisa muncul jika Anda konsumsi disaat yang tidak tepat. Jadi, mulai sekarang, Anda perlu berhati-hati dengan makanan atau minuman. Jika ada masalah kesehatan yang tidak bisa Anda atasi sendiri, konsultasikan kepada dokter. Jangan ragu untuk membagikan artikel kalau menurutmu bermanfaat.

loading...