Peringatan untuk pria, ini bahaya menyimpan HP di saku celana

bahaya-HP

Menurut sejumlah hasil penelitian terbaru, radiasi handphone (smartphone) ternyata dapat merusak sperma. Oleh karena itu, bagi pria yang selama ini menyimpan handphone di saku celana, sebaiknya berpikir untuk memindahkannya ke kantong lain yang lebih aman. Menurut hasil riset, pria yang menggunakan handphone memiliki jumlah sperma lebih sedikit dan lebih lambat bergerak dibanding pria yang tidak pakai handphone.

Namun, bukan hal itu yang jadi persoalan karena yang jadi masalah adalah tempat menyimpan handphone tersebut. Menurut penelitian dari Cleveland Clinic, Ohio di Amerika Serikat, sinyal Radiofrequency Electromagnetic Waves (RF-EMW) yang dipancarkan oleh HP mampu menurunkan kualitas dan kuantitas serta pergerakan sperma pria.

Baca:   5 Mitos Yang Sering dikaitkan Dengan Kanker Payudara

Selain itu, pada terapi infertilitas yang dijalani oleh 371 pria ditemukan bahwa ada hubungan antara tingkat radiasi ponsel harian terhadap ketidaksuburan yang mereka alami. Sementara itu, peneliti dari Afrika Selatan menemukan pria yang membawa ponselnya di pinggul atau di kantong celana bagian depan memiliki sperma yang lebih lambat dalam berenang dan juga lebih sedikit konsentrasinya. Keduanya sangat berpengaruh pada kesuburan seorang pria.

Penelitian terbaru mengenai bahaya radiasi dilakukan peneliti dari Turki dengan subyek sel sperma manusia di dalam cawan patri yang diberi paparan radiasi ponsel selama satu jam. Paparan tersebut menyebabkan sperma menjadi tidak normal, sehingga kesulitan mencapai sel telur.

Baca:   7 Hal yang selalu ada dalam saku celana Anda

“Ini harus diwaspadai oleh pria yang masih berada di usia reproduksi dan terbiasa menaruh ponselnya di saku celana,” ujar Joel Moskowitz, Ph.D, Direktur Universitas California, Berkeley Center for Familiy and Community Health. Nah, demi keamanan dan juga kesehatan kamu, usahakan untuk tidak menyimpan HP di saku celana, terutama saku depan.