Pesta Mewah Pernikahan Sejenis, Direstui Orang Tua

Pernikahan-sesama-jenis

Hingga saat ini pernikahan sesama jenis masih menjadi kontroversi di banyak negara. Namun, berbeda dengan orang tua lainnya, orang tua di India ini justru merestui perkawinan anak laki-lakinya dengan pasangannya yang juga ternyata pria. Karena merestui anak laki-lakinya menikahi pria sesama jenis, orang tua di India ini dianggap telah menginspirai banyak orangtua-orangtua lain di seluruh dunia, mengingat orang tua tersebut adalah penganut taat sebuah agama.

Sampai sekarang, di India perbuatan homoseksual masih dianggap tabu, apalagi melegalkan pernikahan sejenis. Karena itu kisah cinta Rishi Agarwal ini menjadi sangat menginspirasi. Seperti dilansir metro.co.uk, dikutip dari Liputan6.com, Jumat (3/6/2016), orang tua Rishi berpindah ke Kanada pada 1970-an. Rishi kecil tumbuh dalam keluarga tradisional yang sangat taat beragama. Tak heran ketika orang tuanya selalu berahrap kelak ia akan membuat resepsi pernikahan sesuai dengan iman yang diyakininya.

Baca:   Mendesak, Bupati Purwakarta Akan Bangun Laboratorium Batu Akik?

Namun sebagai seorang gay muda, hal itu adalah sebuah mimpi buruk. Ia yakin, ia tak mampu memenuhi keinginan orangtuanya yang sebenarnya wajar saja. Masalahnya adalah karena ia mencintai laki-laki yang tak mungkin akan menikah secara terbuka, apalagi dengan pesta. Ia teringat teman SMA-nya yang memilih bunuh diri ketika orangtuanya menolak mentah-mentah ketika mengetahui dirinya gay.

Saat itu tahun 2004. Ia dengan terus terang menyatakan orientasi seksualnya kepada kedua orang tuanya. Pengakuannya itu membuat orang tuanya shock. Pada tahun 2004, berita datang sebagai kejutan besar. ‘Vijay (68) dan Sushma (61) hancur hatinya. Mereka merasa telah gagal mendidik anak.  Namun ia tak segera menolak. Namun mereka kemudian belajar, menghabiskan waktu selama 3 hari kepada pihak-pihak yang dianggap memahami keadaanya.

Baca:   'Suami' Celine Evangelista Bicara Soal Pernikahan Sejenis

Ia juga terjun langsung bergabung dengan komunitas orangtua yang anaknya gay. Mereka bahkan menghadiri pertemuan rutin Friends of Lesbians dan Gays. Ketika ditanya apakah dirinya akan mengusir anaknya, ia menjawab tegas, “Sama sekali tidak. Dia tetap anak kami dan kami tetap mencintainya”. Ketika Rishi bertemu Daniel Langdon pada tahun 2011 mereka memutuskan menikah. Dan orangtuanya mendukungnya dengan mengadakan resepsi pernikahan sesuai adat dan budaya orang tuanya. Perkawinan yang diimpikan keluarganya.

Menurut ayahnya, perjuangan untuk menyelenggarakan pesta pernikahannya tidak mudah. Ia ditolak oleh 7 imam sebelum akhirnya ada satu imam yang menyetujui menikahkan anaknya secara tradisional di lapangan golf di Oakland.