Pevita Pearce Idap Tumor Payudara, Wanita Wajib Tahu Gejalanya

Pevita-Pearce

Pengakuan artis cantik Pevita Pearce yang mengidap tumor payudara di akun Snapchatnya bikin banyak orang kaget dan membuat fansnya jadi cemas. Wajar, karena tumor merupakan salah satu faktor penyebab penyakit kanker payudara. Terkait dengan tumor yang terdapat di payudaranya, Pevita Pearce dikabarkan akan segera menjalani operasi pengangkatan tumor.

Rencananya, bintang Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk itu akan melakukan operasi di Kuala Lumpur, Malaysia, dilansir laman Okezone. Dari kisah yang sedang dialami oleh Pevita Pearce ini, sudah sepatutnya kita menyadari betapa pentingnya melakukan tindakan pencegahan. Salah satunya dengan mengecek kesehatan payudara. Pemeriksaan payudara sebenarnya bisa dilakukan sendiri sebelum pergi ke dokter. Anda cukup mengenali tanda-tanda perubahan pada payudara yang tidak wajar seperti berikut ini.

Baca:   3 'Tragedi' Penis Yang Menghancurkan Impian Pemiliknya, Inilah Mereka...

Benjolan di payudara
Tanda paling jelas dan umum dari kanker payudara adalah benjolan kecil di payudara. Namun, penelitian menunjukkan bahwa benjolan payudara tidak terdeteksi oleh mata sampai setidaknya sebesar 10 sampai 15 milimeter. Jadi, kalau merasakan adanya benjolan, segera periksa ke dokter karena dikhawatirkan bentuk tumor yang belum berkembang menjadi kanker.

Baca:   5 Fakta menarik tentang PIN Polio 2016 yang perlu Anda ketahui

Perubahan kulit payudara
Ruam, iritasi, gatal, dan vena terlihat pada payudara adalah tanda-tanda peringatan dari kanker payudara. Pertumbuhan jaringan dapat mengubah bentuk atau ukuran payudara yang menyebabkan perubahan pada kulitnya. Banyak wanita melakukan kesalahan dengan mengunjungi dokter kulit untuk meminta krim dan obat yang dipikirnya ruam.

Perubahan puting
Salah satu lokasi yang paling khas di payudara berada di bawah puting, yang dapat menyebabkan perubahan dalam penampilan puting. Tumor juga bisa tumbuh di saluran susu yang mengelilingi puting dan menyebabkan rasa sakit.

Baca:   8 Bentuk Penis Pria Menurut Pendapat Para Ahli

Nyeri
Kanker payudara dapat mengakibatkan benjolan, bentuk yang tidak teratur dengan tentakel atau daerah yang tersebar dengan tumor. Pertumbuhan ini tidak hanya dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada payudara, tetapi juga nyeri di leher, bahu dan punggung. ‘

Kelenjar getah bening membesar
Kelenjar getah bening yang terletak di ketiak, yang mana tumor payudara menyebar pertama karena cairan limfatik yang mengalir dari payudara. Pembengkakan, nyeri atau tender spot di bawah lengan bisa menjadi tanda peringatan kanker payudara.

loading...