Pilgub DKI 2017, Djarot Saiful Hidayat: Hati-hati lho Pak Ahok…

Djarot-&-Ahok

Memilih untuk menempuh jalur independen, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, mengapresiasi langkah yang diambil Ahok untuk maju di Pilgub DKI 2017 mendatang. Namun, Djarot mengingatkan Ahok agar tidak lengah dan selalu hati-hati dalam menghadapi Pilkada nantinya. Menurut politisi PDIP itu, jalur independen sangat rentan kecurangan. Bisa saja Ahok dengan mudah digagalkan pencalonannya melalui berbagai cara.

“Saya harus sampaikan pada Pak Ahok. Hati-hati lho. Jalur independen rawan untuk digagalkan. Sangat rawan. Hati-hati lho,” ujar Djarot di Balai Kota, Jakarta, dikutip Liputan6.com, Selasa (8/3/2016). Sebagai calon independen, Ahok tentu harus bisa mengumpulkan kembali dukungan sebanyak 1 juta KTP dan itu bukan hal mudah. Terlebih dukungan harus terkumpul pada Juni 2016, sehingga optimisme tetap harus dijaga.

Baca:   Program Anies-Sandi Jika Terpilih Jadi Gubernur DKI 2017, DP Rumah Nol Rupiah Tapi Nyicil 6 Bulan

“Ketika pun misalnya menang jalur independen, kan bukan hanya sekedar menang. Pasti selalu berhubungan dengan lembaga yang lain, tidak bisa sendiri,” lanjut Djarot. Mantan Wali Kota Blitar itu mengingatkan, sistem demokrasi Indonesia sudah mengatur jalannya roda pemerintahan baik pusat maupun daerah. Parpol merupakan elemen yang tidak bisa lepas dari tata pemerintahan.

Baca:   Ahok: Gila apa lahan negara dikasih ke Podomoro? Kamu kira aku sinting?

“Paham kita ini, paham yang berdasarkan negara demokrasi, berdasarkan parpol sebagai salah satu infrastruktur dalam pemerintahan. Atau berdasarkan sikap yang individu itu, mau dimasukin di sini? Pragmatisme itu? Apa begitu? Hati-hati,” pungkas Djarot.