Pocong Gentayangan, Makam Paman Lambat Minta dibongkar

pocong gentayangan

Beberapa hari ini isu pocong gentayangan sambil mengetuk pintu rumah penduduk di kawasan transmigrasi Lamaru, Jembatan Manggar, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), semakin heboh saja. Hal itu pun dibenarkan oleh ketua RT 14 Manggar Baru Mas’ud tentang kabar tersebut. Pengurus Masjid Al Israa di sekitar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Manggar Baru itu menyebut isu penampakan hantu pocong meresahkan warganya sejak pekan lalu.

“Ia saya dengar dari orang-orang juga, katanya ada yang melihat pocong,” jelas Mas’Ud ditemui Balikpapan Pos di rumahnya, seperti dikutip dari Pojoksatu.id, Senin (25/4/2016). Mas’ud menduga, penampakan pocong itu muncul lantaran prosesi pemakaman Paman Lambat kurang sempurna lantaran tali pocong alias tali jenazah tak dilepas saat dikubur. “Saat akan dimakamkan tali ikatan di kepalanya dan pinggangnya tidak dibuka,” jelasnya.

Baca:   Malang, Ayah Terjatuh Menimpa Anaknya dan Hal Mengerikan Pun Terjadi, Orang Tua Wajib Baca!

Mas’ud mengatakan, memakamkan jenazah memang tidak bisa sembarangan dan ada aturannya di dalam ajaran Islam. Dia pun mengimbau, agar keluarga jenazah yang tidak dilepas tali pocongnya, untuk dibongkar kuburannya, lalu tali pocongnya dilepas. “Agar tidak terlalu meresahkan warga sekitar, kalau bisa keluarga membongkar kuburan dan membuka tali ikatan yang ada di kepala dan pinggang jenazah,” bebernya.

Ia menungkapkan, pocong yang nampak bukan untuk menakut nakuti akan tetapi mungkin meminta tolong agar pemakamannya lebih disempurnakan lagi. “Tentunya dengan membuka tali ikatan di kepalanya,” tegas Mas’ud. Bagaimana dari pengamatan Mas’ud setelah isu menerpa di kawasan TPI? “Ada sebagian warga yang takut sehingga tak berani beraktivitas malam. Seperti warung, tidak berani membuka warung hingga larut malam,” tutur Mas’ud.

Baca:   Coba Terobos Lampu Merah, Rombongan Moge yang dikawal Polisi dihadang Sepeda

“Saya mendengar pocong muncul di TPI Manggar Baru, karena semasa hidupnya ia memang sering beraktivitas di sana, juga mengetuk beberapa rumah warga,” imbuhnya. Untuk mengusir rasa penasaran pemburu berita, awak media mencoba mewawancarai beberapa warga di sekitar TPI. Komentar warga ada yang tahu dan ada yang tidak tahu. Ada yang percaya dan ada yang tidak percaya.

Sementara itu, adanya isu penampakan pocong hingga di atas jembatan Manggar, membuat beberapa pemancing berharap agar isu tidak usah terlalu dibesar-besarkan. Karena menurut para pemancing selama melakukan aktivitas memancing tidak pernah melihat penampakan sosok pocong. Para pemancing hanya mendengar mitos penampakan pocong dari mulut ke mulut, sehingga bagi mereka tidak nyata. Walau diterpa isu yang menyeramkan tidak menyurutkan para pemancing untuk tetap menyalurkan hobinya dengan memancing.

Baca:   Oh Tidak! Siswi SMA Dibobol Pacar 5 Kali Dalam Sehari

“Kalaupun saya diperlihatkan pocong, saya bacakan Ayat Kursi saja, karena saya tidak takut hantu. Sebagai umat Muslim saya hanya takut kepada Allah SWT,” tegasnya. Dari pantauan media ini, di atas jembatan Manggar tidak begitu ramai orang mincing. Sebelum adanya cerita pocong, jembatan ini hampir setiap malam ramai dengan aktivitas orang memancing.

loading...