R1S, Motor Yamaha YZF-R1 Versi Murah

Yamaha R1S

Apakah kamu sedang menunggu versi murah dari motor Yamaha YZF-R1? Sepertinya penantian kamu terjawab, sudah. Yamaha baru saja meluncurkan motor versi murah dari keluarga YZF-R1 dengan nama Yamaha R1S. Penjualan perdana motor ini ditandai dengan dipublikasikannya dalam wesite Yamaha di Amerika Serikat

Peluncuran Yamaha R1S ini menyusul model R1 dan R1M yang diluncurkan pada April 2014 tahun lalu. Saat itu, Yamaha juga mendaftarkan nama R1S sebagai merek dagang di AS. Hadir sebagai versi murah, tentu Yamaha akan mengurangi spesifikasi dari R1S.

Dilansir Liputan6.com, Kamis (8/10/2015), tidak seperti dua saudaranya yang menggunakan material titanium, model S ini menggunakan conrod dan header knalpot berbahan baja. Lebih lanjut, Yamaha memilih bahan alumunium untuk velg dan tutup mesin menggantikan magnesium yang digunakan pada versi R1 dan R1M. Alhasil, bobot R1S lebih berat 4 kilogram dari R1.

Di luar itu, Yamaha juga melucuti peranti quick shifter untuk perpindahan transmisi. Namun demikian, peranti inertial measurement unit (IMU) tetap dipertahankan untuk menjaga kontrol traksi. Perubahan mekanis ini dikatakan membatasi putaran mesin. Agar tidak terkesan motor murah, Yamaha tidak memasang stiker ‘S’ pada moge bermesin 1.000 cc ini.

Mengenai harga, Yamaha melepas R1S di AS dengan banderol US$ 14.990 atau sekira Rp 208,9 jutaan. Harga ini lebih murah US$ 2 ribu atau sekira Rp 27,86 jutaan dari R1 standar. Bagaimana, apakah kamu sudah menyiapkan dana untuk membeli motor ini? Sepertinya harganya tetap saja tinggi walaupun masuk kelas murah, ya.

loading...