Rutin minum teh pelangsing, remaja ini menderita radang hati

teh-pelangsing

Hepatitis pada umumnya disebabkan oleh virus atau karena keseringan minum alkohol dan obat-obatan. Namun, apa yang terjadi pada remaja 16 tahun itu justru jauh dari apa yang diperkirakan. Ia menderita penyakit hati atau hepatitis setelah rutin meminum teh hijau untuk melangsingkan tubuhnya. Remaja yang tidak diketahui namanya itu mengalami pembengkakan hati dan tubuh menguning.

Mulanya gadis itu merasa pusing, mual, perut dan sendi terasa nyeri. Saat itu dokter hanya menduga gadis itu mengalami infeksi saluran kemih. Namun, setelah itu kondisinya tak kunjung membaik. Remaja asal Yaman itu kemudian pergi ke rumah sakit Birmingham saat kulit dan matanya telah menguning. Dalam laporan kasus yang tercatat di jurnal BMJ Case Reports, gadis itu membantah telah banyak konsumsi alkohol maupun obat-obatan.

Baca:   6 Penyakit mematikan yang disebabkan kurang vitamin C

Ia juga mengaku tak berpergian ke suatu wilayah dan melakukan hal yang memungkinkan penularan virus hepatitis. Ia pun tidak pernah melakukan transfusi darah. Hanya saja, ia mengaku hanya rutin minum teh hijau tiga cangkir sehari dengan tujuan untuk mengurangi berat badan dalam beberapa bulan. Teh hijau yang disebut dapat menjadi obat pelangsing tubuh dari China itu dibelinya secara online melalui internet. Ia membeli dua kotak yang berisi 100 kantong teh.

“Saya hanya kehilangan sedikit berat badan, tetapi kemudian persendian mulai terasa sakit dan saya sangat pusing,” tulis gadis tersebut. Gadis itu pun percaya kondisi itu karena ia rutin minum teh hijau yang dibelinya secara online. Sebab, setelah berhenti minum teh itu, kondisinya kini membaik. Sebagian besar kemasan dalam teh itu ditulis dalam bahasa China sehingga tidak terbaca jelas kandungan apa saja dalam teh hijau itu.

Baca:   7 Penyebab utama BAB tidak lancar, Anda wajib tahu

“Aku tidak akan pernah membeli teh atau pil penurunan berat badan lagi secara online,” tegas gadis tersebut, dikutip dari health.kompas, Jumat 25/9/2015. Perlu diteliti lebih lanjut kandungan yang sebenarnya ada dalam teh hijau untuk pelangsing tubuh itu. Sebab, selama ini teh hijau justru aman dikonsumsi. Bahkan, menurut penelitian teh hijau bermanfaat bagi kesehatan karena memiliki sifat antioksidan.

Dokter menduga ada bahan kimia yang digunakan dalam teh hijau pelangsing tubuh itu yang menyebabkan peradangan hati. Mungkin juga ada kandungan pestisida tinggi yang berasal dari pohon teh itu. Untuk itu, sangat tidak disarankan membeli produk obat, pil pelangsing, maupun suplemen melalui situs jual beli online.