Siap-siap, besok suhu udara akan terasa lebih panas

suhu panas

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa pada tanggal 21-22 Maret 2016, udara di sejumlah wilayah di Indonesia akan terasa panas. Hal itu, karena posisi matahari akan tepat berada di “atas kepala”. Oleh karena itu, masyarakat harus waspada dan juga siap-siap. Fenomena tersebut terjadi untuk wilayah Kota Gorontalo yang terletak sekitar 0,5 derajat Lintang Utara (LU).

“Ini terjadi saat kulminasi atau antara pukul 11.55 hingga 12.00 siang. Untuk membuktikannya pada saat tersebut coba anda berdiri di luar, maka seolah-olah bayangan hilang karena bayangan tubuh akan tepat berada di bawah kita,” jelasnya di Gorontalo, dikutip Rimanews.com, Minggu (20/03/2016). Pembuktian lainnya, kata dia, bisa dengan menancapkan pensil atau paku secara tegak lurus dan bila diamati bayangan nyaris tak terlihat.

Ia menyatakan posisi matahari tepat berada di Khatulistiwa (Equinox) pukul 04.30 UTC atau 12.30 WITA yakni tepat di atas pulau Kalimantan. Setelah Equinox, matahari sesuai peredaran semunya, yaitu akan “bergerak” ke lintang Utara (Belahan Bumi Utara-BBU). “Suhu udara maksimum di Gorontalo sendiri dalam beberapa hari ini antara 34 hingga 34,8 derajat Celcius,” tambahnya.

Fenomena dua tahun sekali ini menurutnya tidak perlu membuat panik warga. Sementara, di Kabupaten Muko-Muko, Bengkulu, sejak beberapa hari terakhir udara terasa lebih panas dari biasanya . “Sudah dua hari ini udara yang kami rasakan sangat panas dan membuat seluruh tubuh menjadi gerah. Kami tidak tahan berada dalam rumah,” kata warga Kelurahan Bandar Ratu Ade Harianto.

Udara menjadi panas, kata dia, karena di luar rumah angin tidak lagi bertiup apalagi saat berada dalam rumah. “Sudah kami buka jendela pada malam hari tetapi tetap saja panas dan terpaksa kami menggunakan AC saat tidur,” ujarnya lagi. Udara panas di daerah yang berjarak sejauh 270 km sebelah utara Kota Bengkulu itu, mulai terjadi sejak sepekan terakhir menyusul hujan yang semakin jarang turun dalam kurun waktu lama.

“Hujan pernah turun tetapi hanya sebentar. Hujan yang turun di wilayah ini tidak membuat udara menjadi dingin,” ujarnya.

loading...