Siap-siap, lowongan CPNS 2016 akan segera dibuka

CPNS-2016

Kabar gembira! Untuk kamu para pencari kerja yang ingin banget jadi PNS, bersiap-siaplah. Pemerintah akan kembali merekrut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2016 mendatang yang akan ditempatkan di berbagai macam posisi yang tersedia. Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, kali ini test CPNS diadakan lebih cepat, yakni mulai bulan Maret 2016 tahun depan.

Baca:   4 Tips Menghadapi Rasa Takut di Hari Pertama Bekerja

Nah, karena tinggal beberapa bulan lagi, dari sekarang sebaiknya kamu mempersiapkan diri dengan mengumpulkan berkas-berkas yang diperlukan agar pada saatnya nanti kamu tidak kebingungan jika tiba-tiba test CPNS dibuka. Apalagi, untuk beberapa tahun kedepan persaingan akan semakin ketat karena jumlah lowongan CPNS cukup terbatas alias tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu disampaikan oleh Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program dan Pembinaan SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Bambang Dayanto Sumarsono. Test CPNS ini hanya bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa setiap tahunnya pemerintah akan tetap merekrut CPNS baru, walau sedikit.

Baca:   Daftar Lengkap Kenaikan UMP 2017 Untuk 34 Provinsi, Ini Besaran Kenaikannya

“Kalau proses rekrutmennya lebih cepat, otomatis pemberkasan NIP juga lebih cepat,” katanya, Jumat (6/11/2015), seperti dilansir Jpnn.com.‎ Pada tahun-tahun sebelumnya, penerimaan CPNS dimulai pada pertengahan tahun. Test penerimaan CPNS juga bisa sampai pada akhir tahun. Dan efeknya adalah bagi CPNS yang lolos mendapatkan Nomor Induk Pegawai (NIP) harus menunggu tahun depannya lagi, sekitar bulan Januari.

loading...