SIM Palsu “Anak Jalanan” Bisa Kena Ancaman Penjara 6 Tahun?

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Makassar, Aiptu Guritno, baru-baru ini menilang seorang pengendara becak motor atau bentor. Pengendara ditilang karena saat itu sedang melawan arus atau melawan arah yang tentu saja membahayakan orang lain.

Namun, saat diperiksa lebih lanjut, sang pengendara ternyata justru menunjukkan Surat Izin Mengemudi (SIM) palsu. Dan yang lebih parah lagi, foto yang terpangpang dalam SIM tersebut adalah foto pemain sinetron “Anak Jalanan” yakni Steffan William.

Baca:   Kakak bawa lari istri orang, dua gadis dihukum dengan cara diperkosa dan diarak telanjang

Data-data yang ada dalam SIM palsu itu pun menunjukkan ‘Boy’ tinggal di Jalan Terpadu, Kecamatan Bungur, Jakarta Timur. Dalam SIM itu, nama Boy bekerja sebagai artis. Tak lama, kasus ini pun menjadi viral di sosial media.

Terkait dengan pemalsuan tersebut, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan bahwa hal itu jelas tindakan pemalsuan dokumen. Pelaku pun bisa dikenai sanksi dengan ancaman penjara setidaknya enam tahun.

Baca:   Tersangkut di Box Bayi, Anak Ini Nyaris Tewas

“Kalau pemalsuan surat atau dokumen diatur oleh pasal 263 di KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana),” kata Budiyanto, dikutip dari otomania.com, Jumat (30/12/2016). Sama hal dengan pemalsuan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bemotor (STNK), yakni dikenakan pasal 363 KUHP, dengan ancaman penjara 6 tahun.