Soal Ujian Bikinan Dosen Ini dijamin Bikin ‘Baper’ Mahasiswa Saat Membacanya

soal ujian bikin baper

Beberapa mahasiswa akan meras keringat dingin bila berhadapan dengan soal ujian. Apalagi soal ujiannya hitung-hitungan, lalu kita belum mempelajari ulang sebelumnya. Tapi baru-baru ini, sebuah foto soal ujian di salah satu perguruan tinggi menjadi viral di media sosial. Ya, foto yang diunggah di akun Instagram 1.cak memperlihatkan soal ujian mata kuliah Kriptografi.

Dalam foto tersebut, soal ujian tersebut merupakan soal ujian akhir semester genap STMIK AMIKOM Purwokerto Tahun Akademik 2015/2016. Pembuat soalnya, yakni seorang dosen bernama Mohammad Imron. Dalam mengerjakan soal ini, mahasiswa boleh melihat buku alias open book. Tapi, sepertinya tak ada satu pun mahasiswa yang open book karena soalnya tak ada sangkut pautnya dengan materi Kriptografi.

Di bagian atas soal diberikan keterangan bertuliskan:

Kerjakan pertanyaan di bawah ini dengan hati yang bersih, berdoa sebelum mengerjakan. materi Kriptografi sudah disampaikan. Tugas, kuis, project sudah anda kerjakan, Uts sudah anda lakukan dan saya kira itu cukup. Terus apa yang anda inginkan?. Karakter bangsa ditentukan oleh kalian, bisa saja saya membuat ujian yang lebih sulit tapi saya tidak ingin dan saya ingin anda menjadi orang yang tidak lupa darimana anda dilahirkan agar anda dapat menghormati, menghargai orang lain.”

Baca:   Hebohkan Australia, Bocah Jenius Ini Keturunan Indonesia?

Sekilas, tujuan utama si dosen membuat soal ini bukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mahasiswanya seputar kriptografi. Namun, yang lebih penting adalah pembentukan karakter mahasiswanya. Benar saja, soal-soalnya pun tak ada yang mengharuskan mahasiswa untuk berhitung dan mengotret.

Dilansir dari tribunews.com, berikut soal-soal yang diberikan kepada mahasiswa:

1. Apa yang sudah kamu lakukan untuk bahasiakan ibu kamu?

2. Apakah kamu masih ingat berapa uang jajan yang ibumu berikan?

3. Apakah kamu tahu ibu berdoa untukmu?

4. Berapa sekarang umur kamu? apakah ibumu mengeluh dengan hidupmu?

Baca:   Sejarah Hari Pendidikan Nasional 2 Mei

5. Pernahkah kamu mencium kening ibumu? apa alasan kamu?

6. Apa makanan kesukaan ibumu?

7. Kapan kamu terakhir makan bersama ibumu?

8. Apakah kamu pernah bilang ke ibumu kalau “Aku Cinta Ibu”?

9. Apa yang membuat ibu kamu bahagia?

10. Hal apa yang ingin kamu sampaikan kepada ibumu?

Rentetan soal yang bikin ‘baper’ (terbawa perasaan) itu membuat netizen terharu. Banyak dari mereka yang merasa iri dan menginginkan sosok dosen Mohammad Imron mengajar di perguruan tingginya.

Seperti yang dituliskan @wesalqorniBener2 “bikin baper, ah payah liat soal nya aja gwe udah mewek apalagi ngejawab ,,love and miss ibu.. Salut buat dosennya”. “pas ujian, mahasiswa.nya pada nangis trus pulang kampung semua buat nemuin ibu nya…. :’)” tulis pemilik akun novalsia_galuh_pratiwi_cat.

Akun @mahmud_write menuliskan “Seperti inilah sebenarnya ujian….ujian bukan hanya mengasah otak kita…tetapi juga mengasah jiwa…nurani dan mata hati kita”.