Sudah berumur 112 tahun nenek ini masih sehat bugar, apa rahasianya?

Nenek-batuli

Usia bukan halangan bagi siapapun untuk bisa tetap bugar dan aktif melakukan berbagai macam kegiatan. Hal itu dibuktikan oleh nenek bernama Batuli Lamichhane yang kini sudah berumur 112 tahun namun masih tetap sehat dan dapat melakukan aktivitasnya layaknya orang yang masih muda. Ia mengklaim rahasia tubuhnya tetap bugar karena selalu aktif dan tak pernah merasa stres dalam menjalani hidup.

Baca:   Gila, ibu muda ini pamer foto anaknya terjebak dalam mesin cuci

Sejak 80 tahun lalu, Batuli sudah ditinggalkan suaminya yang kala itu bermigrasi ke India untuk mencari pekerjaan. Empat anak Batuli pun sudah meninggal dan kini, Batuli ditemani anak tertuanya yang berusia 85 tahun dan sudah memiliki cicit. Meski demikian, Batuli tetap berusaha mengerjakan segala pekerjaan rumahnya sendiri.

Di usia 112 tahun pun ucapan Batuli masih lancar. Pasca terjadinya gempa di Nepal tahun lalu, atap rumah Batuli runtuh tetapi ia tidak mau pindah ke kediaman kerabatnya. Saat ini, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, selain dibantu sang anak, Batuli juga sering mendapat uluran tangan dari tetangga atau para donatur.

Baca:   Benarkah orgasme tiap hari bisa hindarkan pria dari kanker prostat? Ini ulasannya...

“Di kehidupan modern saat ini orang terlalu stres. Padahal, bagi saya untuk bisa berumur panjang kita harus tetap aktif dan bebas stres. Dengan begitu, kita bisa bahagia,” tutur Batuli dikutip dari Detik, Rabu (27/1/2016). Batuli juga punya kebiasaan mengisap 30 batang rokok ‘lokal’ tiap hari. Rokok ‘lokal’ yang dimaksud Batuli yakni daun tembakau yang dilinting sendiri menggunakan dedaunan. Kebiasaan ini ia lakukan sejak usia 17 tahun.

loading...