Tahun 2016 Yuan China akan jadi mata uang Internasional

Yuan-China

Mulai tahun 2016 mendatang, mata uang Republik Rakyat China, Yuan, akan menjadi mata uang internasional, demikian pengumuman resmi Dana Monoter Internasional (IMF). Seperti diketahui bahwa saat ini baru dolar AS, euro, yen Jepang dan poundsterling Inggris yang masuk grup mata uang internasional.

Namun, pada awal November 2015 lalu, Direktur IMF, Christine Lagarde mengeluarkan sebuah pernyataan untuk mendukung masuknya yuan.

Baca:   Trik ampuh selesaikan utang yang menumpuk sekarang juga

Dikutip dari Pojoksatu.id, Selasa 1 Desember 2015, Yuan kemungkinan akan resmi menjadi mata uang resmi internasional pada awal tahun depan. China adalah kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia setelah AS, yang telah meminta mata uangnya menjadi mata uang cadangan sejak tahun lalu.

Kekhawatiran tentang Beijing yang melakukan devaluasi yuan guna membantu para eksportir adalah salah satu alasan mengapa mata uang tersebut sebelumnya telah gagal memenuhi kriteria untuk menjadi mata uang cadangan yang ditetapkan oleh IMF.

Baca:   10 Miliarder China Yang Masuk Daftar Orang Terkaya Versi Forbes

Namun, para pejabat China telah membuat segala upaya bersama untuk membangun dukungan dimasukkannya yuan, dan laporan staf IMF baru-baru ini telah mensahkan langkah tersebut. Hal tersebut juga mendapat dukungan dari berbagai negara, terutama rivalnya Amerika Serikat serta sekutunya Rusia.