Tampil di TV, Zaskia Gotik hina Indopnesia

zaskia-gotik

Zaskia Gotik membuat penonton acara musik pagi di televisi swasta terheran dengan tingkahnya. Zaskia Gotik berusaha tampil maksimal dengan memberikan hiburan lucu. Namun dalam memberikan komentar, Zaskia Gotik dituding menghina Indonesia. Saat ditanya tentang hari proklamasi, Zaskia Gotik dengan enteng menyebut, “32 Agustus”. Bahkan, Zaskia Gotik menyebutkan tanggal dengan asal sambil tertawa, berharap jawabannya dianggap lucu.

Padahal, hari proklamasi yang diperingati bangsa Indonesia terjadi 17 Agustus, menjadi momentum berharga atas kemerdekaan bangsa. Anehnya, komentar Zaskia Gotik yang dianggap mencederai justru ditanggapi dengan lawakan `garing` oleh pembawa acara lainnya. Tak hanya itu saja, Zaskia Gotik juga menghina Pancasila yang menjadi ideologi dasar bagi negara Indonesia. Zaskia Gotik menyebutkan, lambang sila kelima adalah bebek nungging.

Di lambang negara Garuda itu, sila kelima adalah padi dan kapas yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Entah apa yang membuat Zaskia Gotik berkelakar dengan membawa serta lambang negara.

Jika Zaskia Gotik sadar komentarnya yang menghina negara bisa berbuntut panjang bahkan sampai ke jalur hukum. Larangan untuk menghina negara dan lambangnya diatur dalam Pasal 24 UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasam dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan, dikutip dari Liputan6.com, Selasa (15/3/2016).

Dalam Pasal 57 a jo Pasal 68 tertulis, “Setiap orang dilarang: (a) mencoret, menulisi, menggambari, atau membuat rusak Lambang Negara dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Lambang Negara dipidana dengan dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp. 500 juta.

Zaskia Gotik pun langsung mendapatkan kritikan dari netizen di medsos. Mereka menyebut, komentar Zaskia Gotik terhadap lambang negara sangat tidak pantas. Akun Jane_sha111 menuliskan, “Proklamasi dibilang tgl 32 Agustus..lambang sila ke 5 bebek nungging katanya…astaga..kebablasan bgt ya?, yg nonton sejuta umat neeeng.”

loading...