Tembok antiurine yang akan ‘kencingi’ pengencing

lapisan-tembok-pemantul-kencing

Pemerintah kota Hackney di London timur sedang melakukan uji coba sebuah lapisan tembok khusus yang dirancang untuk dapat membasahi siapapun yang berusaha membuat air kencing sembarangan. Langkah ini ditempuh pemerintah kota setelah menghabiskan 100.000 poundsterling atau setara Rp 2 miliar per tahun untuk membersihkan tembok dan trotoar dari air kencing.

Lapisan yang bisa menyemprotkan kembali cairan itu pada tahap awal akan digunakan di sejumlah lokasi dekat rumah-rumah minum atau bar di Shoreditch dan Dalston. “Jika ancaman denda tak cukup membuat orang-orang menghentikan praktik kencing di jalan, maka risiko basah terkena urine mungkin akan membuat mereka berhenti melakukan itu,” kata Feryal Dermici, seorang pejabat yang bertanggung jawab atas masalah lingkungan.

Baca:   Pohon Unik Hasilkan 40 Macam Buah Sekali Panen

Lapisan khusus ini menciptakan pembatas yang memantulkan kembali cairan. Artinya, urine akan kembali menyemprot ke arah orang yang kencing di tembok, dilansri BBC Indonesia. Lapisan ini juga dirancang untuk mencegah air seni meresap ke dalam tembok sehingga tidak meninggalkan noda dan bau tak sedap. Disebutkan bahwa bahan khusus itu dibuat oleh perusahaan Amerika Serikat UltraTech.

Baca:   10 Hal Ini Yang Membuat Kita Harus Bangga Jadi Orang Indonesia, Wajib Tahu

Pemerintah kota Hackney sudah menghabiskan dana 1.000 poundsterling, sekitar Rp20 juta, untuk memasang lapisan khusus di dua lokasi.