Terkubur belasan tahun, 3 jenazah di Bogor tetap utuh

jenzah-utuh

Sebuah pemandangan unik dan aneh terjadi ketika sebuah makam di Bogor dibongkar setelah puluhan tahun. Tiga jenazah yang sudah dikuburkan selama belasan tahun kondisinya masih utuh dan tidak mengalami kerusakan sama sekali. Kondisi kain pembungkus mayat pun masih bersih dan hanya kotor karena terkena tanah. “Kain kafannya ajah masih utuh, cuma kotor aja sama tanah,” ujar Abdul Fatah (42) keluarga dari ketiga jenazah itu, Sabtu 21 November 2015.

Abdul Fatah mengatakan, makam keluarga besarnya di RT 3/5,Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat harus dipindahkan ke lokasi lain. Hal itu karena area lahan makam akan digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor untuk proyek Gelanggang Olahraga Pakansari. Ketiga jenazah itu, terdiri dua jasad laki-laki dan satu jasad perempuan. “Makam orang tua kami, nenek dan kakek saya,” ujarnya. Menurut Abdul Fatah, sebagian besar jasad yang dikebumikan di pemakaman keluarganya ini merupakan orang dewasa.

“Kalau jasad anak-anak mah banyak yang sudah hancur,” katanya. Sebanyak 29 makam yang berada di sekitar GOR Pakansari dipindahkan Sabtu siang. “Ini makam keluarga saya semua,” katanya, dikutip dari Tribunnews.com. Hingga saat ini, sudah enam jenazah berhasil diangkat untuk dipindahkan ke lokasi pemakaman yang baru berada di Kampung Cikempong RT1/9 Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. “Tanahnya di tukar sama Pemkab, disediakan 1.000 meter juga disana,” kata dia.

loading...