Terpendam 1000 tahun, Gereja ini akhirnya dibuka kembali untuk publik

gereja 1000 tahun

Sejak 23 Maret 2016 Gereja Santa Maria Antiqua di Roma, Italia akhirnya bisa kembali dikunjungi oleh publik. Gereja yang memiliki umur hampir 2 tahun baru saja selesai direstorasi setelah sebelumnya tertimbun longsor selama ratusan tahun lalu. Gereja dari abad keenam itu terletak di Roman Forum kuno, tepatnya di dasar Palatine Hill. Di lokasi tersebut, selama berabad-abad kaisar-kaisar Roma tinggal di istana yang megah.

Baca:   Ajaib, Minta 4 Anak Saat Doa di Mekkah, Permintaan Wanita Ini Terkabulkan

Santa Mari Antiqua diperkirakan tertimbun tanah akibat gempa pada 847 Masehi. Arkeolog kembali menemukannya pada 1900. Artinya, butuh waktu 116 tahun sebelum gereja yang indah tersebut bisa dilihat publik.

Namun yang terpenting kini interior gereja berupa lukisan dinding aneka warna dengan gambar-gambar orang kudus, malaikat, kaisar, dan para martir sudah bisa kembali dinikmati. “Gereja ini adalah Kapel Sistina di awal Abad Pertengahan,” ujar Maria Andaloro, sejarawan yang terlibat dalam proyek. Salah satu gambar dindingnya adalah Maria sang perawan bersama putranya.

Baca:   10 Screen Shot Chat driver Online Dengan Penumpang Ini Dijamin Bikin Ngakak Lihatnya

Proses restorasi sendiri didanai oleh pemerintah Italia dan World Monuments Fund. Dana yang tersedot mencapai 2 juta pound sterling (setara Rp 37,5 miliar).