Terungkap! Gedung runtuh di Taiwan dicor dengan kaleng minyak goreng

Ilustrasi gambar

Ilustrasi gambar

Beberapa waktu lalu Taiwan diguncang gempa dengan kekuatan 6,4 SR. Sejumlah korban meninggal dan juga luka-luka akibat gempa tersebut. Selain mengakibatkan korban jiwa, gempa itu juga mengakibatkan kerugian materi. Salah satunya sebuah gedung bertingkat ambruk, yakni gedung Web Gun Golden Dragon.

Namun, kini terungkap fakta baru atas runtuhnya gedung tersebut. Gedung itu ternyata dicor dengan campuran kaleng minyak goreng. Temuan itu membuat warga Taiwan, khususnya kerabat korban gempa dan pejabat marah. Data hingga Senin (8/2/2016) menunjukkan jumlah korban tewas akibat gempa itu mencapai 35 orang. Ratusan orang masih hilang.

Wartawan BBC yang melaporkan dari tempat kejadian menunjukkan temuan terkena kaleng minyak goreng.¬†“Yang tampaknya telah digunakan sebagai pengisi dalam beberapa balok beton, demikian laporan media Inggris itu. Pihak berwenang telah mempekerjakan tiga tim independen ¬†telah mulai melakukan penyelidikan atas ambruknya gedung tua yang berumur dua dekade.

“Ketika itu selesai, kami akan menghukum mereka yang harus bertanggung jawab,” kata Wali Kota Tainan, William Lai, yang marah atas temuan kejanggalan dalam konstruksi gedung itu, dilansir dari Sindonews.com. “Saya sudah menghubungi unit peradilan dan jaksa telah secara resmi meluncurkan penyelidikan,” lanjut dia.

“Kami juga telah menugaskan tiga badan independen untuk menyimpan bukti selama penyelamatan (korban) sehingga kami dapat membantu warga jika mereka ingin mengajukan tuntutan hukum di masa depan. Kami akan terus menuntur pembangun (gedung) bertanggung jawab jika mereka telah melanggar hukum,” imbuh Lai.

loading...