Terungkap, menyusui bisa bikin wanita orgasme?

menyusui

Benarkah menyusui bisa menurunkan libido wanita akibat pengaruh hormon? Tapi, menurut hasil penelitian, menyusui ternyata bisa membuat wanita terangsang secara seksual ketika menyusui, bahkan dikatakan bahwa wanita bisa orgasme. Hasil penelitian terbaru mengungkapkan bahwa antara 33 sampai 50 persen wanita merasa terangsang saat menyusui bayinya dan 8 persen bahkan mengaku orgasme.

Sayangnya, wanita hanya diam tanpa mau membicarakannya. Padahal, perasaan gairah yang dirasakan ibu saat menyusui itu normal. “Ini umum, tapi wanita tak membicarakannya,” kata Viola Polomeno, Profesor School of Nursing serta peneliti seks di University of Ottawa seperti dilansir laman Liputan6.com. Hasil analisis dari 59 wanita mengungkapkan setidaknya seperempat wanita yang bergairah selama menyusui merasa bersalah.

Baca:   Fakta Mencengangkan Kandungan Garam Dalam Mi Instan Yang Kamu Makan, Dijamin Bikin Geleng-Geleng Kepala, Kamu Mau Tahu?

“Ini sesuatu yang dilihat tidak nyaman dan tabu. Kita tahu (gairah) ada, tapi kadang-kadang dibutuhkan akademisi dan peneliti untuk mengungkap dan mengatakannya,” jelas Polomeno. Menurut Mary Jo Podgurski, perawat dan childbirth educator, dua bahan kimia yang dilepaskan selama menyusui yakni prolaktin, yang merangsang produksi susu, dan hormon oksitosin, yang membuat perasaan menjadi baik, menyebabkan rahim berkontraksi.

Baca:   8 Makanan Yang Bisa Bikin 'Jagoannmu" Lebih Kuat dan Tahan Lama, Pria Wajib Tahu

Pada penelitian tahun 2006 di Belanda terhadap 153 ibu ditemukan delapan persen wanita mengalami orgasme selama menyusui. Hal ini karena stimulasi puting membuat rahim kontraksi dan hormon menyebabkan perasaan gairah. Tapi, itu bukan berarti ibu terangsang oleh bayinya.