Terus merugi, Samsung bakal lakukan PHK massal di 2015

samsung-PHK-karyawan

Kabar tidak bagus datang dari perusahaan raksasa elektronik asal Korea Selatan, Samsung. Samsung dikabarkan berencana untuk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dalam jumlah yang cukup besar pada akhir tahun 2015. Hal itu karena dalam beberapa tahun terakhir, Samsung mengalami penurunan keuntungan dalam setiap kuartal.

Walaupun ada peningkatan keuntungan, hanya terjadi dalam satu kuartal dan itupun tidak terlalu besar. Penurunan tersebut juga menjadi peringatan bagi para investor untuk menentukan langkahnya di kemudian hari. Dikutip dari Pojoksatu.id, Samsung berencana memecat 30 persen dari total tenaga kerja untuk mengurangi biaya dan menjadi lebih hemat pada tahun-tahun yang akan datang.

Baca:   Permintaan Galaxy S6 Edge 'Meledak', Samsung Bangun Pabrik Baru

Rencana PHK yang dikabarkan itu, sontak mempengaruhi kinerja para karyawan di unit manufaktur yang tersebar di berbagai negara. Sebuah sumber yang tidak disebutkan namanya telah mengungkapkan, bahwa karyawan telah diminta untuk meninggalkan perusahaan sedangkan staf senior dianjurkan mengambil pensiun secara sukarela.

PHK tidak hanya terbatas pada divisi elektronik Samsung, tetapi juga bagian lain seperti pengiriman, industri berat dan mekanik elektro. Pihak manajemen akan dirombak dalam beberapa bulan mendatang dan semuanya itu akan diumumkan pada Desember 2015 mendatang. Ya, semoga saja perusahaan ini bisa segera keluar dari masalah agar agar tidak terjadi PHK besar-besaran.

loading...