Tidak Manusiawi! Target Tidak Tercapai, Karyawan Dipaksa Makan Pare Mentah

makan pare mentah

Banyak perusahaan yang memberikan hukuman bagi karyawan yang tidak mencapai target. Jenis hukuman untuk karyawan yang tidak mencapai target pun bermacam-macam, tergantung kebijakan perusahaan tempat bekerja. Nah, ada sebuah perusahaan di Chongqing, Tiongkok, menerapkan aturan berbeda yang tidak manusiawi bagi karyawannya. Mereka yang tidak mencapai target akan diberi sanksi dipaksa makan pare mentah yang rasanya sangat pahit.

Para karyawan yang gagal menenuhi target itu dikumpulkan dalam satu ruangan. Lalu satu per satu mereka dipaksa makan pare pahit mentah, sementara rekan kerja lain menontonnya. Menurut seorang manajer Leshang Decorations Corporation, hukuman ini adalah salah satu cara untuk “memotivasi” karyawan yang tidak produktif, mendorong mereka bekerja lebih keras, sehingga ke depan hal yang menyakitkan ini tak berulang.

Foto-foto karyawan yang dihukum makan pare mentah tersebut beredar di media sosial beberapa waktu lalu.  Salah satu dari foto tersebut diberi judul “hukuman paling kejam dalam sejarah” Dalam foto tersebut nampak seorang karyawan yang meringis sedang menggigit pare pahit. Konon 40 dari 100 karyawan perusahaan diinterogasi dengan hukuman semacam ini.

Salah satu karyawan yang dihukum menceritakan pengalaman pahitnya tersebut kepada wartawan. Menurut dia, ini adalah pertama kalinya makan pare pahit, sehingga ia sangat sulit mengunyah dan menelannya.  Pekerja perempuan menambahkan, perusahaan telah menerapkan hukuman tidak manusiawi tersebut juga dalam bentuk hukuman fisik seperti squat, push-up, dan berjalan di sekitar kantor.

Uniknya, beberapa bos mengeluh karyawan telah terbiasa dengan hukuman tersebut, sehingga hukuman itu menjadi kurang efektif.  Bentuk hukuman yang tidak manusiawi ini menyebabkan beberapa karyawan memang bekerja lebih keras. Namun juga tak sedikit karyawan yang memilih mengundurkan diri. Alasannya lebih karena merasa dipermalukan, demikian dilansir dari Liputan6.com, Sabtu (23/7/2016).

Sebelumnya, sebuah perusahaan di Tiongkok juga menghukum karyawannya yang tidak memenuhi target dengan berjalan merangkak. Menurutmu, apakah tindakan para bos tersebut masih wajar-wajar saja atau sudah melanggar hak asasi manusia?

loading...