Unik, Ada Wisata Masuk Penjara di Negara Ini, Berani Mencoba Sensasinya?

wisata-penjara

Apa yang terlintas di pikiran Anda saat mendengar kata ‘Penjara’? Pastinya adalah tempat yang hanya dikhususkan bagi mereka yang sudah melakukan kejahatan, bukan? Setiap orang yang masuk penjara pasti pernah melakukan kesalahan atau tindakan kriminal. Namun tidak untuk India, salah satu penjara disana justru dibuka untuk umum bagi yang ingin merasakan menjadi seorang narapidana.

Dilansir Odditycentral, Minggu (18/09/2016), District Central Jail di Sangereddy, India memberikan kesempatan yang sangat unik yaitu dapat merasakan kesempatan menjadi seorang narapidana. “Feel the jail” merupakan inovasi yang dibuat oleh para Departemen penjara di kabupaten Telangana. Diberikan waktu selama 24 jam, mereka dapat merasakan menjadi seorang napi.

Baca:   Unik, Bocah 5 Tahun Gunakan Celana dan Baju Yang Terbuat Dari Semangka

Selama tinggal disana, mereka diberikan seragam sama seperti seorang napi, peralatan makan, alat mandi dan fasilitas lainnya. Bukan hanya itu, mereka juga mengikuti setiap rutinitas yang dilakukan di dalam lapas tersebut.

wisata-penjara1

Untuk merasakan kehidupan penjara, mereka bersedia membayar 500 rupe atau sekitar Rp. 98 ribu. Menurut Deputi SP M Lakshmi Narasimba, mereka bisa merasakan hidup dipenjara dengan 500 rupe. “Mereka akan mengalami sebagai seorang tahanan yang nyata, mulai dari sabun yang dibuat di penjara, seragam tahanan, bahkan pemerikasaan tahanan yang dilakukan oleh petugas dan semuanya itu nyata,” katanya.

Baca:   Sempat Viral, Patung Harimau 'Paling Bahagia Sedunia' Akhirnya Dirobohkan TNI

Sama dengan penjara di India pada umumnya, semua tahanan akan di bangunkan pada pukul 05.00 pagi oleh dua penjaga untuk membersihkan sel dan sebayang. Lalu pada pukul 06.30, mereka diberikan teh dan 07.30 baru semua tahanan dapat sarapan. Sementara makan siang akan diberikan pukul 10.30-11.00 yang berisi beras, dal dan sambhar. Pukul 17.00 semua tahanan dapat makan malam (Beras, kari, dan dadih).

Narapidana akan kembali ke sel pada pukul 18.00 dan akan dilepaskan keesokan harinya. Untuk memastikan tidak terjadi kesalahan pada semua penghuni lapas, beberapa petugas akan berjaga untuk mengecek keadaan penjara.