Unik! Jalan Ini Lenyap Dari Pandangan Setiap Dua Kali Sehari, Hati-Hati Kalau ke Sini

passage-du-bois

Negara Prancis dikenal punya banyak keunikan. Salah satunya dari sekian banyak keunikan di Prancis adalah sebuah jalan bernama Passage du Gois. Jalan ini memang pantas menyandang predikat unik lantaran dalam sehari, jalan ini menghilang. Lenyap dari pandangan! Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Passage du Gois adalah jalan sejauh 4,1 kilometer yang menghubungkan teluk Burnef dengan pulau Norimoutier di Perancis. Di sisi kanan dan kirinya, terbentang lautan yang setiap kali pasang naik, bisa menyebabkan jalan itu tenggelam hingga setinggi maksimal 13 kaki atau sekitar 3,9 meter.

Dengan ketinggian air pasang tersebut, bisa dipastikan jalan pun akan menghilang alias lenyap! Bagi pengguna jalan yang tidak tahu kapan pasang naik akan terjadi, tentu hal ini bisa berbahaya. Karenanya, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kecelakaan yang fatal, di sepanjang jalan itu telah dipasang papan-papan yang bertuliskan pengumuman apakah jalan itu sedang aman dilalui atau tidak.

passage-du-bois1

Selain itu, di jalan yang pernah dipakai untuk ajang Tour de France pada 1999 tersebut, juga dibangun beberapa tugu yang bisa dipanjat hingga ke puncaknya. Dibangunnya tugu ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila ada pengguna jalan yang terjebak saat air laut sedang pasang naik. Apabila itu terjadi, pengguna jalan disarankan untuk memanjat tugu tersebut hingga ke puncak dan menunggu datangnya bantuan dari regu penyelamat.

Tetapi jangan berharap regu penyelamat ini bakal menyelamatkan kendaraan yang sudah tenggelam. Artinya, kalau kendaraan sudah terjebak dalam air yang ketinggiannya naik dengan cepat, maka disarankan kepada mereka untuk mengucapkan selamat tinggal kepada kendaraannya tersebut.

loading...