Upah Buruh Pembuat Jersey Timnas Inggris di Jakarta Jadi Sorotan Media Inggris

jersey timnas inggris

Jelang perhelatan Piala Eropa 2016, ada kabar mengejutkan datang dari Indonesia. Terungkap bahwa baju jersey Timnas Inggris ternyata buatan Indonesia yang berlokasi di Jakarta. Menurut hasil investigasi yang dilakukan oleh The Sun, jersey yang akan digunakan oleh Wayne Rooney dkk merupakan produk yang dibuat oleh pabrik dan pekerja di Jakarta, PT Grand Best Indonesia. Dijelaskan bahwa jersey timnas Inggris, yang suplay oleh aparel asal Amerika, ternyata diproduksi di Jakarta.

Selain memproduksi jersey Timna Inggris, pabrik ini juga juga memproduksi jersey Barcelona dan PSG, demikian menurut The Sun. Namun lebih mengejutkan lagi dalam laporan tersebut, The Sun menyoroti rendahnya upah yang diperoleh para buruh pembuat jersey tersebut. Para pekerja di tempat tersebut mendapatkan upah senilai 165 poundsterling setiap bulan. Jika dikalkulasikan dalam kurs rupiah, maka gaji para pekerja tersebut yakni, Rp 3.198.525 perbulan.

Baca:   Evan Dimas main, Llagostera menang tipis 3-2

Jumlah ini setara dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta senilai Rp 3.100.000. Gaji tersebut, dalam laporan The Sun, dinilai tidak layak atau terlalu rendah. Pasalnya, kemungkinan mereka memakai perbandingan dengan gaji di Eropa. Selain itu, gaji tersebut juga dianggap kurang jika dibandingkan dengan harga satuan jersey timnas Inggris yang dibanderol senilai 60 pounds atau Rp 1.163.100.

Baca:   Maaf, Mourinho Belum Tertarik Latih Indonesia

“Sembilan puluh tiga persen dari pekerja adalah perempuan. Banyak di antara mereka yang tinggal di gubuk-gubuk kecil di jalan-jalan kotor di mana kambing dan ayam berkeliaran dengan bebas, dan penuh dengan tumpukan sampah yang beterbangan,” tulis The Sun.