Valentino Rossi: Semua orang melihat persekongkolan mereka, ternyata…

Moto-GP-2015

Balap MotoGP 2015 seri terakhir sudah usai dan pemenangnya adalah Lorenzo. Namun, sisa-sisa cerita dari balapan tersebut hingga kini masih ramai jadi perbincangan. Pihak Rossi menilai bahwa ada indikasi para pembalap Spanyol bekerja sama untuk membantu Lorenzo jadi juara. Menurut Rossi, Marquez lebih cepat dan seharusnya bisa mendahului Lorenzo, namun pembalap Honda itu tidak melakukannya.

Rossi pun mengecam gaya balap dua rider Spanyol itu pada seri terakhir yang berlangsung di Valencia, Minggu 8 November 2015. Rossi merasa yakin bahwa Marquez membantu Lorenzo untuk memenangkan lomba balap tersebut. Rossi bahkan terang-terangan menuduh Lorenzo dan Marquez sekongkol untuk menjegal dirinya jadi juara dunia. “Hari ini semua orang telah menyaksikan persekongkolan mereka,” ketus Italiano tersebut kepada Gazzetta dello Sport.

Baca:   Strategi Tak Berjalan Sesuai Rencana, Rossi Mengamuk

“Aku tidak paham mengapa rider Honda membiarkan Yamaha menang,” ucapnya. Dugaan Rossi tersebut sudah ia lontarkan beberapa hari sebelumnya dan merasa yakin bahwa Lorenzo dan Marquez akan saling tempel dari awal hingga akhir balapan. “Aku sedih Marquez bertindak seperti bodyguard-nya Lorenzo,” kecam Rossi yang tak lagi menyebut nama depan Lorenzo “Jorge” seperti biasanya.

Rossi pun menyebut aksi konspirasi keduanya dengan “Nordic fix”. Istilah itu mengacu pada konspirasi antara Swedia dan Denmark untuk menyingkirkan Italia dalam Euro 2004. “Mereka berkonspirasi untuk menghadangku,” tuduh juara dunia MotoGP tujuh kali tersebut. Menurut Rossi, aksi mereka berdua (Lorenzo dan Marquez) akan melukai nilai-nilai sportivitas dalam MotoGP. Lebih jauh, Rossi tidak mau terlalu banyak berspekulasi mengenai maksud Marquez mengawal Lorenzo.

Baca:   Hore! Indonesia resmi jadi tuan rumah MotoGP 2017

“Aku tidak tahu apakah Marquez melakukannya karena mereka sama-sama Spanyol. Tapi untuk kelakuannya setelah GP Malaysia (Lorenzo mencoba mengintervensi kasusnya dengan Marquez di Mahkamah Arbitrase Olahraga) dia pantas mendapat balas budi dari Marquez,” tandasnya. Rossi boleh menuduh Marquez membantu Lorenzo, namun dia juga terkesan dibantu rider Italia. The Doctor mencapai posisi keempat dalam waktu cukup sangat singkat, sekitar 15 lap.

Baca:   Insiden Sepang, Rossi: Saya tidak menendang Marquez tapi menghalanginya

Yang paling kentara adalah saat Rossi akan melewati rider Pramac Ducati Danilo Petrucci. Rider Italia tersebut sempat menoleh ke belakang sebelum kemudian motornya melebar di tikungan dan memberikan jalan lebar bagi Rossi untuk menyodok ke depan. Pemandangan hampir sama juga tampak saat Rossi akan mengamankan posisi keempat. Di belakang rider Ducati Andrea Dovizioso yang juga sesama Italia itu, Rossi mampu melewatinya dengan mudah.

Tidak mendapat perlawanan seperti saat akan melakukan overtaking kepada rider Tech 3 Yamaha Bradley Smith.

loading...