Wanita Ini ‘Buang’ Komputer Apple I Seharga Rp 200.000 Dolar AS

komputer-apple-I-super-langka

Kasus unik yang satu ini semoga bisa menjadi pelajaran bagi siapapun agar tidak sembarangan membuang barang yang tidak diperlukan. Apalagi barang tersebut tanpa diperiksa dulu sebelum dibuang. Yang ada pasti hanya penyesalan yang cukup dalam. Karena, bisa saja apa yang kamu buang adalah sebuah barang berharga yang nilai jualnya sangat tinggi dan diburu banyak kolektor.

Dan hal itulah yang dilakukan oleh seorang wanita misterius yang tanpa sadar “membuang” sebuah kotak berisi perangkat PC yang sangat langka, Apple I. Padahal, seharusnya, ia bisa saja mendapatkan uang setidaknya sebesar 100.000 dollar AS atau Rp 1,3 miliar dari hasil penjualan perangkat tersebut. Baca juga [Aplikasi Yang Mampu Mencuri Foto dan Video Syur Orang Lain]

Baca:   Dr. Dre Video Selfie, Apple Terancam Batal Beli Beats Audio

Wanita tersebut, seperti diberitakan Mashable, Senin 1 Juni 2015, menyerahkan beberapa kotak berisi barang milik suaminya yang baru meninggal kepada CleanBay Area, sebuah perusahaan yang menerima barang untuk didaur ulang. Saat ditanya soal identitas diri, wanita itu tidak mau menyebutkannya secara detail.

Jangankan alamat lengkap, namanya saja tidak diketahui. Ia pun menolak setruk pajak yang dikeluarkan oleh perusahaan yang berlokasi di California tersebut. Setelah menerima kotak tersebut, CleanBayArea mengaku tidak menyentuhnya selama sekitar dua minggu. Namun, betapa kagetnya mereka setelah mengecek kotak-kotak itu. Salah satunya ternyata berisi Apple I, sebuah produk PC sangat langka buatan Apple.

Baca:   7 Fitur Buatan Apple Yang 'Tidah Berguna' di iPhone

“Kami benar-benar tidak memercayai mata kami. Kami awalnya berpikir bahwa itu palsu,” kata Victor Gichun, Vice President CleanBayArea. Kemudian, perusahaan tersebut akhirnya melelang perangkat tersebut. Uang yang didapatkan setelah lelang tersebut sangat besar, yakni sebesar 200.000 dollar AS (sekitar Rp 2,6 miliar).

Sebagai iktikad baik, CleanBayArea ingin membagi dua hasil itu dengan wanita misterius tersebut. Saat ini, mereka mengaku sedang mencari data identitasnya. “Kami mencari dia untuk memberikan 100.000 dollar AS,” kata Gichun. Ia mengaku, meski tidak mengetahui nama si wanita itu, wajahnya masih sangat jelas terekam di ingatannya. Apabila bertemu kembali, Gichun mengaku masih bisa mengenalinya.

Baca:   Pornstagram, Aplikasi Porno Yang Mirip Instagram

Apple I merupakan komputer pertama yang dibuat oleh Apple. Setiap perangkat tersebut dikerjakan langsung oleh Steve Wozniak pada tahun 1976. Menurut informasi, Apple I hanya dibuat sebanyak 200 unit. Perangkat buatan perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut pun sangat diburu oleh para kolektor. Pernah pada suatu acara lelang tahun 2013, perangkat Apple I yang masih berfungsi terjual dengan harga 671.400 dollar AS. (Kompas)

loading...